Bupati OI Buka Lomba Cipta Menu B2SA

0
160

Sumateranews.co.id, INDRALAYA – Bupati Ogan Ilir (OI), HM. Ilyas Panji Alam mengimbau agar masyarakat OI gemar dan membudidayakan makan ikan.

“Daerah kita ini terkenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Sumatera Selatan (Selatan). Tapi kenapa masyarakat cenderung kurang gemar makan ikan,” jelas H. Ilyas Panji Alam SE SH MH saat membuka acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan Lomba Masak Serba Ikan di aula pendopo Pemda OI, Tanjung Senai, Jumat (11/8).

Orang nomor satu di Bumi Caram Seguguk pun menduga, kurangnya minat masyarakat OI mengonsumsi ikan karena dipengaruhi mitos yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

“Orang tua dahulu, yang punya banyak anak, selalu bilang kalau makan ikan itu cacingan. Padahal tidak, itu karena mereka ingin menghemat biaya makan untuk anak-anaknya,” guyon Ilyas disambut gelak tawa para undangan yang hadir.

Untuk membuka wawasan masyarakat mengenai konsumsi ikan, Ilyas mengajak masyarakat untuk gemar mengonsumsi makanan yang kaya protein tersebut.

Di samping bergizi, kata Ilyas, mengonsumsi ikan juga dapat membantu memberdayakan peternak ikan di OI.

“Kita banyak menghasilkan ikan. Malu kita kalau tenyata orang OI kekurangan protein gara-gara kurang makan ikan. Jadi harus dibiasakan makan ikan mulai dari sekarang,” jelas Ilyas.

Laporan : H. Sanditya Lubis

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre