Antisipasi Karhutla, Polda dan Polres Buat Sekat

0
107

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Untuk mengantisipasi Karhutla, maka kepolisian yang berasal dari tim Polda Sumsel dan   Polres Banyuasin membangun sekat kanal di Desa Teluk Tenggulang Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin, Jumat (11/8).

Polda yang menurunkan 8 personel dari Direktorat Sabhara dipimpin Kompol M Fauzi dan tim Polres Banyuasin dipimpin oleh  AKP Hipni SH  mewakili Kabag Ops Polres Banyuasin beserta Kapolsek Tungkal Ilir Iptu Gunawan mengerahkan 10 personil Polsek Tungkal Ilir dan masyarakat peduli karhutla.

Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi melalui Kapolsek Tungkal Ilir Iptu Gunawan, mengatakan sebelum pelaksanaan terlebih dahulu Tim melakukan survei   lokasi dimana akan dibuat sekat kanal. Dengan memperhatikan terlebih dahulu antara lain tempat tersebut harus kanal yang airnya mengalir, kemudian lebar kanal tersebut tidak kurang dari 2 meter.

Setelah lokasi ditemukan lalu tim bersama personil Polsek dan masyarakat peduli karhutla, menyiapkan bahan material pendukung yaitu karung plastik yang berukuran 50 kg, pasir sebanyak 1 truk, tanah merah sebanyak 1 truk, terpal plastik ukuran 6×8  sebanyak 2 lembar, kayu gelam cerucup 150 batang, serta peralatan pendukung seperti gergaji, golok, paku secukupnya, dan ban motor bekas.

“Setelah semua material terkumpul dimulailah pengerjaan sekat kanal,” tegas Gunawan.

Setelah terbentuk sekat kemudian sekat kayu tersebut dilapisi terpal plastik yang berguna untuk menghambat air, setelah itu tim secara bergantian memasukkan karung yang berisi pasir ke tempat sekat kanal yang dibuat tersusun hingga berada di atas air.

Selanjutnya di atas tumpukan pasir, di letakkan tumpukan karung yang berisi tanah sehingga sekat tersebut terbentuk.

“Kurang lebih 2 jam pelaksanaan pembuatan sekat kanal non permanen selesai dilaksanakan,” tandas Gunawan.

Laporan   : Al Dafid

Editor       : Imam Ghazali

Posting     : Andre

 

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article