Kabar TNI

Danrem 041/Gamas Resmi Tutup TMMD Ke-119 Tahun 2024 Kodim 0428/MM di Desa Lubuk Talang

Mukomuko – Danrem 041/Gamas Brigjend TNI Rachmat Zulkarnaen memimpin Upacara Penutupan TNI Menungal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Tahun 2024 Kodim 0428/MM di UPT Desa Lubuk Talang (Trans Lapindo) Kecamatan Malin Deman  Kabupaten Mukomuko, Rabu (20/3/24).

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan pembacaan Laporan Hasil Pelaksanaan TMMD REG ke-119 Tahun 2024 yang dilanjutkan dengan Penanggalan Tanda Peserta dan Pengembalian Alat Kerja TMMD ke 119 serta dilakukan Penandatanganan Naskah Serah Terima dan Penyerahan Hasil TMMD ke 119 Tahun 2024 kepada Pemerintah Kabupaten Mukomuko.

Danrem 041/Gamas Brigjend TNI Rachmat Zulkarnaen dalam amanatnya dan pernyataan resmi Penutupan TMMD ke 119 Kodim 0428/MM tahun 2024 menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke 119 tahun 2024 Kodim 0428/MM dalam melaksanakan tugas untuk memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

“Upacara penutupan TMMD Ke-119 dilaksanakan secara serentak di 5 (lima) Kabupaten, salah satunya diwilayahnya Kabupaten Mukomuko. Bagaimana kita ketahui bersama program TMMD Ke-119 tahun 2024 merupakan program yang di laksanakan lintas sektoral, dengan melibatkan Pemda, Polri, Instansi terkait dan masyarakat setempat. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membantu pemerintah daerah guna mempercepat akselerasi pembangunan daerah terutama pembangunan infrastruktur untuk membuka daerah yang terisolir dan tertinggal guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk kepentingan pertahanan sekaligus memelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat, hal ini selaras dengan tema TMMD tahun ini yakni, “Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Pembangunan Daerah”, ucap Danrem.

Danrem 041/Ganas juga menyebutkan bahwa keberhasilan pelaksanaan TMMD dan berbagai hasil pembangunan sarana fisik dan non fisik secara umum telah mendorong perkembangan Desa. Capaian ini tentunya karena adanya dukungan dari pemerintah daerah provinsi dan kabupaten serta segenap elemen masyarakat.

“Sebagaimana kita pahami bersama, bahwa nilai utama yang ingin ditumbuhkan dalam setiap penyelenggaraan TMMD, adalah terwujudnya ikatan kemanunggalan antara TNI, segenap jajaran pemerintah daerah di semua tingkatan, serta dengan semua lapisan masyarakat, untuk saling bahu-membahu dan bergotong-royong membangun kehidupan sosial yang berkualitas. Pada setiap kegiatan TMMD, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah dan cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan, hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa, yang memiliki visi misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Brigjend Rachmat Zulkarnaen.

Danrem juga menjelaskan Hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh dari perjuangan bangsa dan akan terus terbangun serta terpelihara.

“Kemanunggalan TNI merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan Nasional yang kokoh. Dan dengan telah berakhirnya TMMD ke 119 ini, Saya berpesan kepada kita semua, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat untuk terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Polri dan rakyat, jangan mau diprovokasi oleh pihak manapun yang bertujuan untuk merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli budaya bangsa kita. Pelihara hasil-hasil program TMMD Ke-119 ini dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama,” pesan Danrem.

Diakhir sambutannya Danrem menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Desa Lubuk Talang apabila selama pelaksanaan TMMD di wilayah itu, terdapat kesalahan prajuritnya kepada masyarakat.

“Mewakili seluruh prajurit dan seluruh anggota Satgas TMMD Ke-119, saya mohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tingkah laku dan tindakan yang kurang berkenan di hati masyarakat,” tutup Danrem 041/Gamas Brigjend TNI Rachmat Zulkarnaen.

Selanjutnya,. Danrem 041/Gamas dan rombongan melanjutkan pengecekan pembangunan peningkatan/pengoralan jalan dan Pengecekan RLTH yang menjadi salah satu sasaran TMMD ke 119 Kodim 0428/MM di Desa Lubuk Talang.

Diketahui, Kegiatan Fisik (Pokok) TMMD ke 119 Kodim/MM meliputi, Pengerasan/pengoralan Jalan Panjang 1.740 meter, dengan hasil 100%. Pembuatan Gorong-gorong dengan hasil 100%.

Dan Kegiatan Fisik (Tambahan) yakni, Hanpangan penanaman Jagung 5 hektar, dengan hasil 100%.
Rehab RTLH 1 unit, dengan hasil 100%. Penanaman pohon 500 bibit, dengan hasil 100 % (Penggalian lubang tanah). Manunggal Air Bersih 1 unit, dengan hasil 100%. Perbaikan Masjid 1 unit, dengan hasil 100%. Perbaikan M.C.K 1 unit, dengan hasil 100%.

Juga Kegiatan Non Fisik yang
100% terlaksana (sudah dilaksanakan) yakni, Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan,
Penyuluhan Bela Negara,
Penyuluhan Hukum,
Penyuluhan Ketahanan Pangan,
Penyuluhan Stunting, Pelayanan KB Kes,
Pelayanan Posyandu,
Pelayanan Posbindu PTM, dan
Pemutaran Film Perjuangan. Dengan jumlah personel yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu, Personel :
TNI AD : 115 orang, TNI AL : 10 orang, Polri : 10 orang.
Pemda : 15 orang.
dan masyarakat sebanyak :50 orang.

Juga hadir dalam acara tersebut, Kasi Teritorial Korem 041/Gamas Beserta Istri, Kasi Ops Korem 041/Gamas beserta Istri, Wakil Bupati Mukomuko, Ketua Persit KCK Koorcab Cabang Korem 041/Gamas beserta rombongan, Dandim 0428/MM, Ketua Persit KCK Cabang LII Dim 0428/MM dan jajaran, Kasi Intel Kejari Mukomuko, Sekdakab Mukomuko, Dinas PUPR, Camat Malin Deman dan Ipuh, Danramil 428-02/Ipuh, Kapolsek Ipuh, Para Pasi Kodim 0428/MM, Dansubdenpom Mukomuko, Dan Pos AL Mukomuko, Forum Kades Kecamatan Malin Deman dan Ipuh, para Perwira, Bintara dan Tamtama Kodim 0428/MM serta seluruh peserta upacara penutupan TNI Menungal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Tahun 2024 Desa Lubuk Talang.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button