Wow! Pemkot Prabu Hutang 13 M ke Pihak RSUD

90

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Wow! Kadis Dinkes Prabumulih dr. Happy Tedjo Tahdjono, M.PH memberikan keterangan mengejutkan pada hari Senin 26 Februari 2018. Dalam keterangannya beliau mengatakan kalau pemerintah Kota Prabumulih berhutang sebesar 13 M kepada RSUD Prabumulih.

Hutang tersebut merupakan dampak dari program Jamsoskes yang merupakan kerjasama atau MoU antara pemerintah Kota Prabumulih dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. “Dana anggaran untuk Dinkes ini sangat besar, tetapi tidak bisa digunakan untuk operasional karena dana tersebut dianggarkan hanya untuk membayar hutang kepada RSUD,” ungkap Tedjo.

Sementara itu M. Kowi S.Sos selaku Sekda Kota Prabumulih saat dimintai keterangan, Senin (26 Februari 2018) membenarkan hal tersebut. Menurut beliau saat ini pemerintah Provinsi hanya memberikan 2,5 M dari total 13 M. Sedangkan perjanjian penandatanganan MoU disebutkan kalau pembagian pembayaran tersebut 50%-50%. ‘’Karena itu nanti akan diangsur, dan mungkin pada penetapan HBT bulan Juli yang akan datang kembali akan dianggarkan,’’ ujar Kowi lagi.

Karena jika tidak diangsur bisa pailit. Karena itu saat ini pemerintah Kota Prabumulih mengambil kebijakan untuk menghapus program Jamsoskes, dan mengalihkan program tersebut ke BPJS atau KIS yang pembiayaannya tetap dibayar oleh pemerintah.

“Saat ini sudah lebih dari 500 orang yang kita ikutkan di program BPJS kesehatan untuk menanggulangi permasalahan jamsoskes tersebut,” ujar Kowi lagi.

“Tetapi saya berharap kepada seluruh tenaga medis yang bekerja di RSUD agar tetap menjalankan tugasnya dengan baik meski dengan keadaan yang belum baik,’’ tandasnya.

Laporan : Taufik
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here