Wawako Palembang Ajak Masyarakat dan Pungurus Masjid Bersihkan Rumah Ibadah

47

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda mengajak masyarakat dan pengurus masjid untuk bersama-sama menjaga kebersihan masjid. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan menciptakan lingkungan bersih rumah ibadah, serta mencegah berjangkitnya bibit penyakit.

Hal tersebut diutarakan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat Safari Bersih-Bersih Masjid dan Musholla di
Masjid Al Fathul Akbar Kelurahan Silaberanti, Senin (9/3/2020).

Dirinya mengimbau, kegiatan bersih-bersih masjid/mushollah hendaknya menjadi agenda rutin di masyarakat mengingat tempat ibadah merupakan pusat berkumpulnya umat. Menjaga kebersihan masjid/mushollah juga bagian dari upaya mencegah penyebaran penyakit khususnya virus corona yang kina sedang melanda dunia.

“Saya ingatkan kepada masyarakat kota Palembang agar tidak takut dan cemas terhadap virus corona yang sedang
melanda diberbagai negara. Salah satu upaya mencegahnya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan serta rutin melakukan cuci tangan yang bersih,” ungkapnya.

Seruan untuk melakukan kegiatan bersih masjid/mushollah juga dilkukan Dewan Masjid Indonesia (DMI). DMI yang
diketuai HM Jusuf Kalla dalam seruannya mengajak untuk melakukan 6 langkah sanitasi siaga.

Pertama, teratur menjaga kebersihan lantai masjid/ mushalla dengan cairan disinfectant. Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lainnya dengan rutin/ konsisten (penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan).

Ketiga, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfectant. Keempat, DMI mengimbau para jamaah shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan/ kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing. Dan pada poin terakhir meminta para jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/salesma agar melaksanakan shalat di rumah hingga sembuh.

“Kita harus melakukan aksi safari untuk rutin membersihkan masjid/mushollah. Dinas kesehatan juga lebih tanggap dengan menyiapkan masker yang banyak,
serta menyiapkan cairan disinfektan untuk digunakan untuk safari membersihkan masjid/ mushollah,” ujarnya.

Laporan : Abiyasa/Herry
Editor     : Abiyasa

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here