Warga Semeru Pertanyakan Proyek Jalan Gang di Daerahnya, Tanpa Plang Nama dan Diduga Asal-asalan

0
358

PRABUMULIH – Warga Gang Semeru, Jalan Angkatan 45, Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), Prabumulih Timur, belum lama ini mempertanyakan aktivitas pekerjaan proyek pengaspalan di daerah setempat, yang terkesan tertutup dan tanpa Plang papan proyek.

Tak sampai di situ, warga juga menyoal pelaksanaan pekerjaannya  yang dinilai terburu-buru dan diduga asal-asalan. Hal itu dilihat dari hamparan batu agregat, yang dilakukan tanpa pemadatan terlebih dahulu, sehingga dikhawatirkan tidak akan bertahan lama.

“Dapat dipastikan nantinya jalan tersebut tidak akan bertahan lama dikarenakan tidak adanya pemadatan agregat, juga tidak tau itu pekerjaan apa, gunakan dana dari mana,” sebut Endy (35), warga setempat kepada media ini, saat memberitahukan perihal pekerjaan jalan tersebut ke kantor SMSI Kota Prabumulih, Rabu (15/09/2021).

Senada juga disampaikan Mul, warga lainnya. Dia pun menyayangkan pekerjaan proyek tersebut yang terkesan dikerjakan diam-diam dan tanpa koordinasi dengan masyarakat setempat.

“Jelas bahwa Kontraktor yang mengerjakan proyek ini diduga melanggar Undang Undang KIP dan Peraturan Presiden sesuai amanah UU Nomor 14 tahun 2008. Kemudian, pengerjaannya juga hanya sebagian diujung jalan saja. Dan ini akan kami bawa ke DPRD,” ucap Mul, dengan nada kesal.

Terpisah, Lurah Gunung Ibul Barat (GIB), Arif Arnic (nama sapaan akrabnya), saat dikonfirmasi awak media, Rabu (15/9/2021) mengaku tidak mengetahui perihal pekerjaan tersebut.

“Berapa besar anggaran pengerjaan pembangunan jalan itu kita tidak tahu, dikarenakan tidak adanya Plang Proyek, apakah pekerjaan tersebut dianggarkan APBD ataupun APBN, saya tidak tahu,” jelas Lurah yang dikenal inovatif ini, menyayangkan pekerjaan proyek tersebut.

“Saya terkejut, saat dikonfirmasi oleh awak media tentang adanya pembangunan jalan di wilayah saya, mendapatkan laporan tersebut saya langsung meninjau ke lokasi yang akan diaspal, tapi sudah tidak ada lagi orang yang bekerja,” ucapnya. (King)

Editor : Donni