Warga Panik Sinabung Erupsi Besar, BPBD Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

0
83
Warga terlihat membersihkan jalan usai hujan abu. (foto: sofi)

Sumateranews.co.id, SUMUT- Pasca letusnya Gunung Api Sinabung Kabupaten Karo, Senin (19/2) dengan tinggi kolom 5000 meter disertai awan panas letusan. Warga yang berada di sekitar lingkar Sinabung merasa khawatir akan adanya letusan susulan.

Sedangkan hingga saat ini Martin Sitepu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo memastikan tidak ada korban jiwa dampak letusan sinabung. Namun sampai saat ini BPBD masih terus melakukan pengecekan ke sejumlah zona merah Sinabung.
“Yang paling utama kita lakukan adalah menyelamatkan jiwa. Jadi sesuai dari saran dari PVMBG juga agar menjauhi zona merah. Kita imbau semua warga untuk keluar, karena terus terang selama ini ada juga warga yang masuk melalui jalan tikus zona merah. Terlebih letusan kali ini berbeda dengan erupsi biasanya,’’ ujarnya.

Martin menambahkan bahwa BPBD termasuk relawan juga sudah siaga membagikan masker ke daerah yang terdampak. Demikian juga damkar sudah melakukan penyiraman ke sejumlah fasilitas-fasilitas umum.

“Evakuasi tidak kita lakukan secara khusus. Korban jiwa sampai detik ini tidak ada, namun kerusakan pertanian terdampak abu itu sudah dipastikan,” jelas BPBD.

Sementara itu warga terdampak Sinabung merasa ketakutan dan khawatir akan terjadi letusan susulan karena suara gemuruh yang dikeluarkan saat erupai pukul 08.53 WIB terdengar hingga radius 15 Kilometer.

Suryani Tarigan warga Desa Sibintun mengatakan kejadian debu tebal seperti ini baru pertama kalinya terjadi.

“Di sini erupsi setiap hari terjadi, namun yang besar seperti ini baru pertama kalinya. Ketakutan kami tadi, kubawa keluarga ku semua keluar dari rumah, anakku yang sudah sempat kesekolah kujemput juga,” jelas Br Tarigan.

Warga Tiga Nderket P. Ginting mengatakan debu di desanya mencapai ketebalan 5 cm “Anak sekolah tadi langsung dipulangkan karena terganggu belajarnya. Jalan juga tidak terlihat lagi, sudah gelap gulita tadi di sini,” imbuhnya.

Sementara itu, sejumlah personil TNI dari Koramil Simpang Empat melakukan upaya pembagian masker kepada warga dan para pengendara yang melintas.

“Pembagian masker ini kami lakukan agar masyarakat tidak menghirup debu yang berjatuhan di pemukiman dan jalan,” tegas Pelda Legiman.

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article