Warga Dusun 18 Simpang 4 Asahan Swadaya Bangun Pos Siskamling

24
Guna menciptakan lingkungan aman dan kondusif di masa pandemi Covid-19 ini, warga Dusun 18 Desa Simpang 4, Kecamatan Simpang 4, Kabupaten Asahan melakukan swadaya dan bergotong royong membangun Pos Siskamling di lingkungannya.

Sumateranews.co.id, ASAHAN – Guna menciptakan lingkungan aman dan kondusif di masa pandemi Covid-19 ini, warga Dusun 18 Desa Simpang 4, Kecamatan Simpang 4, Kabupaten Asahan melakukan swadaya dan bergotong royong membangun Pos Siskamling di lingkungannya.

“Antusias warga cukup tinggi, terbukti biaya yang terkumpul dari hasil swadaya masyarakat untuk membangun pos kamling ini sekitar Rp20 juta lebih kurang. Pembangunannya berjalan singkat hanya dalam waktu 1 Minggu, pos kamling telah rampung, itu semua berkat kesungguhan dan gotong royong masyarakat,” ungkap Ismail Panjaitan selaku tokoh masyarakat sekaligus Ketua Panitia Pembangunan Pos Siskamling Dusun 18 didampingi Sekretaris, Saifuddin Juhari Sagala SE, saat peremian Pos Siskamling yang dihadiri Camat Simpang 4, Drs Armansyah, Selasa malam (7/07/2020).

Dijelaskan Ismail Panjaitan, dibangunnya pos kamling tersebut karena selama pandemi Covid-19 banyak terjadi tindak kejahatan di tengah lingkungan masyarakat mulai dari kehilangan binatang peliharaan ternak hingga benda berharga milik warga lainnya.

“Dan diduga juga adanya peredaran jaringan narkoba,” sebut Ismail.

Untuk itu, ia bersama tokoh masyarakat lainnya menggagas mendirikan pos kamling di Dusun 18 Desa Simpang 4 Kecamatan Simpang 4 yakni, dirinya selaku Ketua, Saifuddin Juhari Sagala SE sebagai Sekretaris, dan Dr Budi Sastra Panjaitan SH sebagai bendahara.

Saifuddin Juhari pun menambahkan, pihaknya juga telah melengkapi peralatan pos kamling seperti TV, CCTV, P3K, dan peralatan dapur untuk memasak.

Ia berharap pos kamling ini bukan hanya sebagai tempat ronda keamanan tetapi bisa juga dipergunakan sebagai posyandu dan tempat pertemuan atau balai warga untuk bermusyawarah.

Sementara dari pantauan, tampak hadir pada acara peresmian Pos Siskamling ini diantaranya, Camat Simpang 4 Drs Armansyah, Kapolsek Simpang 4 AKP Cahyadi SH, Babinsa Serka Sutarno, Kepala Puskesmas Simpang 4 M. Rizal, Kepala Desa Simpang 4 Yafid Ham, Ketua KNPI sekaligus merangkap Kepala Desa Sipaku Area Abdul Paya, PP dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolsek Simpang 4 AKP Cahyadi SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat. Menurut dia, dengan adanya pos kamling di dusun 18 ini dinilainya sangat membantu personilnya yang hanya berjumlah 26 orang.

“Jadi tidak mungkin bisa memantau semuanya, dengan adanya pos kamling ini merupakan perpanjangan tangan dalam membantu tugas-tugas Polsek dan bekerja sama dengan warga dalam menjaga keamanan,” ujar AKP Cahyadi.

Dirinya juga menyampaikan, dalam penerapan new normal saat ini telah diperbolehkan untuk melakukan kegiatan pengajian, pesta pernikahan, hajatan ataupun keramaian lainnya tetapi harus tetap menuruti aturan protokol  kesehatan.

“Seperti memakai masker, selalu mencuci tangan, pischal distancing, tetap menjaga jarak dan lain-lain,” sebutnya seraya menyampaikan keinginannya untuk menyumbangkan peralatan senter sebanyak 10 buah dan bed nama.

Sementara Camat Simpang 4 dalam arahannya, menyebutkan permasalahan jalan menuju dusun 18 yang kondisinya sudah bergelombang dan kalau musim hujan datang airnya menggenangi jalan dan menyebabkan saluran drainase buntu.

“Penyampaian warga ada yang terjatuh karena jalan rusak dan banyak lubang. Hal ini sudah kita sampaikan ke kabupaten supaya dianggarkan pembangunannya. Namun berhubung masa pandemi virus Covid 19, kemungkinan anggarannya ditunda,” ucap Camat Simpang 4.

Selanjutnya, ia juga berharap pembangunan Pos Siskamling di Dusun 18 ini menjadi inspirasi dan contoh bagi wilayah lain karena benar-benar dapat dimanfaatkan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Camat memukulkan lonceng tanda diresmikannya bangunan Pos Siskamling yang dibangun warga dusun 18 jampalan dengan cara melakukan swadaya dan tanpa ada keterlibatan desa.

Laporan : Tim/Heri III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here