Warga Diminta Waspadai Upal dan Hindari Pakai Perhiasan di Pasar

0
87

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Hari ke empat Idul Fitri 1439 H, membuat aktivitas di pasar-pasar tradisional maupun di tempat Wisata Kota Lubuklinggau terus ramai dan meningkat sehingga dua kali lipat dari hari biasa. Mengingat, usai hari raya idhul Fitri 1439 H, anak muda, dewasa serta orang tua pergi ke pasar dan tempat wisata. Meningkatnya daya beli masyarakat kerap dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab mengedarkan uang palsu (upal).

Kasatreskrim Mapolres Lubuklinggau, AKP Wahyu Manduransyah meminta masyarakat selalu waspada dalam berbelanja dan jangan sampai menjadi korban oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. “Kita ingatkan kepada pedagang atau pembeli terlebih dahulu untuk mengecek uang yang digunakan saat bertransaksi dengan cara yang dianjurkan pemerintah selama ini,” kata Wahyu, Senin (18/6/2018).
Dikatakannya, apabila menemukan orang yang sengaja bertransaksi menggunakan upal agar segera melaporkan kepada Polres Lubuklinggau.

“Supaya pelaku cepat kita tangkap. Kalau memang ada, silakan melapor melalui call center yang sudah tersedia, sehingga tim reaksi cepat segera turun ke TKP untuk menangkap pelaku,” ujarnya.

Wahyu juga mengimbau kepada masyarakat agar ke pasar dan ke tempat wisata tidak menggunakan perhiasaan yang mencolok yang dapat menarik perhatian supaya tidak mengundang pelaku kejahatan.

“Jangan menggunakan perhiasan mencolok dalam pasar, termasuk juga saat berkendara harus berhati-hati, jangan mengundang pelaku kejahatan,” pungkasnya.

Laporan : Donna April
Editor/Posting : Imam Ghazali