HeadlinePALISecond HeadlineSumsel

Warga Desa Sungai Baung Minta Pilkades Diundur

Sumateranews.co.id, PALI- Kembali terjadi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Pali, Selasa 27 Agustus 2019.

Kali ini puluhan massa unjuk rasa berasal dari Desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi, meminta pemilihan kepala desa serentak khusus Desa Sungai Baung diundur.

Karena menurut sejumlah pengunjuk rasa, ada tindakan diskriminasi terhadap salah satu calon kades yang digugurkan secara sepihak oleh mantan panitia Pilkades yang sebelumnya memang telah mengundurkan diri.

Usai menyampaikan orasinya, pengunjuk rasa disambut oleh Wakil Ketua DPRD Pali Darmadi Suhaimi didampingi Devi Haryanto, Asmawi Mansur, dan Sudarmi ST.

Setelah melakukan pertemuan antara perwakilan massa dan anggota dewan serta pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pali, dihasilkan kesepakatan yang menjadikan rekomendasi dewan untuk selanjutnya disampaikan ke Pemerintah Kabupaten Pali.

“Kami nilai putusan panitia dianggap tidak sah. Karena di sana kita melihat panitia sudah mengundurkan diri, dan surat pengunduran diri di atas materai 6000 artinya sejak tanggal pengunduran diri itu di Sungai Baung tidak ada lagi panitia Pilkades.  Untuk hasil pertemuan kita sarankan dan merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk menunda pemilihan Kepala Desa Sungai Baung. Membentuk panitia baru karena panitia yang lama sendiri sudah mundur  dan menjaring ulang calon kades,” tandas Darmadi Suhaimi yang memimpin pertemuan itu.

Terpisah, Mardiansyah, Sekretaris DPMD Pali menyatakan bakal siap melaksanakan perintah pimpinan dalam hal ini Bupati Pali.

“Rekomendasi itu bakal diajukan ke Bupati, nanti putusan apakah Pilkades di Sungai Baung berlanjut atau ditunda wewenang Pak Bupati, kami siap laksanakan,” tegasnya.

Laporan          : Anelka

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button