PalembangSecond Headline

Walikota: Jembatan Ini Milik Kita Semua

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Jembatan yang menghubungkan wilayah Seberang Ilir tepatnya Kecamatan Ilir Timur II dan wilayah Seberang Ulu, tepatnya Kecamatan Seberang Ulu II, diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan yang selama ini kerap terjadi di Palembang.

Karena itu, Walikota Palembang H. Harnojoyo berpesan kepada masyarakat untuk menjaga jembatan yang susah payah didapatkan.

“Jembatan ini sudah lama kita idam-idamkan. Alhamdulillah sekarang sudah bisa kita lalui, kami harapkan masyarakat sama-sama menjaganya, jangan dirusak, jangan dicoret-coret, jembatan ini milik kita semua,” ujar Harnojoyo, Selasa (8/1).

Harnojoyo menuturkan proses yang sangat panjang yang dilalui untuk pembangunan Jembatan Musi IV ini.

“Dulu saat saya masih di legislatif saya sudah ikut berjuang bersama Pak Edi Santana sebagai Walikota untuk membangun jembatan, namun terkendala pembebasan lahan yang tak kunjung terselesaikan. Sampai akhirnya saat kami duduk sebagai Walikota, komitmen Jembatan Musi IV harus dibangun, apapun kendalanya harus kita hadapi,” cerita Harnojoyo.

Saat itu, lanjut Harnojoyo, dirinya menganggarkan 9,9 Milyar untuk pembebasan lahan Musi IV.  “Tapi ternyata setelah dihitung, kebutuhan pembebasan lahan sampai Rp 48 Milyar, kita tidak putus asa, dengan kerja keras setiap hari yang kita lakukan, dari rencana meminjam anggaran ke Provinsi namun tidak berhasil, sampai akhirnya kita dapatkan dananya dari kementerian PU PR pusat, dan pembangunan Musi IV bisa dimulai dan hari ini bisa kita nikmati,” cetus Harnojoyo.

Lebih lanjut Harnojoyo mengatakan, setelah diuji coba beberapa hari, terbukti Jembatan Musi IV menjadi solusi kemacetan utamanya di wilayah Ampera.

“Kemarin kita dapatkan data dari Dinas Perhubungan, selama uji coba Musi IV, kemacetan Ampera berkurang hingga 40 persen,’’ katanya.

Harnojoyo menambahkan, selesai Jembatan Musi IV, sebentar lagi Musi VI juga akan selesai dan dilanjutkan dengan jembatan tol Musi V.

“Setelah itu, akan segera kita usulkan jembatan Musi III, untuk musi III ini akan kita usulkan untuk dibuat terowongan, aksesnya melewati Pulo Kemaro,” tegas Harno.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Jalan Nasional V Saiful mengatakan, walaupun sudah selesai Musi IV tetap menyisakan beberapa masalah. Di antaranya sempitnya akses jalan di wilayah seberang Ulu tepatnya saat keluar ke Jalan KH Azhari.

“Nanti akses jalan di wilayah Seberang Ulu akan diperpanjang sampai tembus ke Jalan Ahmad Yani, total panjang 350 meter. Setelah proses pembebasan lahan selesai, akan segera dianggarkan dan dikerjakan. Mudah-mudahan 2019 ini segera terealisasi,” tandas Saiful.

Laporan          : Wiwin

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button