Kasus & PeristiwaLampungNusantaraSecond Headline

Walau Terbatas, Upacara Peringatan HUT ke 12 Kabupaten Mesuji Tetap Berlangsung Khidmat

MESUJI – Tak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Kabupaten Mesuji Tahun 2020 berlangsung dengan sederhana di halaman Kantor Bupati Mesuji, Wiralaga Mulya, Kamis (26/11/2020).

Upacara digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan diikuti peserta terdiri dari prajurit TNI, Polri, Korpri, Satpol PP, Dishub, Damkar, guru, pelajar, pramuka, dan ormas.

Upacara ini juga dirangkai dengan acara peringatan HUT ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan HUT ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Meski digelar sederhana, upacara tetap berlangsung dengan khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Bupati Mesuji Saply TH dan komandan upacara Pelda Asrel.

Hadir pada kesempatan itu, Danlanud Pangeran M. Bun Yamin Letkol Nav. Yohanas Ridwan, Kapolres Mesuji AKBP Alim, Dandim 0426/Tuba Letkol Kav. Joko Sunarto, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfianah, Sekretaris Daerah Syamsudin, Kasi Intel Kejari Tulang Bawang Raden Akmal, tokoh pendiri Kabupaten Mesuji, dan pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Mesuji Saply TH mengatakan, pada tahun ini peringatan diselenggarakan secara sederhana dan terbatas sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Beberapa kegiatan yang telah dijadwalkan harus ditunda, hal ini dilakukan demi pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai imbauan dari Pemerintah.

“Pada hari ini, kita kembali memperingati hari lahir Kabupaten Mesuji yang telah memasuki usia 12 tahun, sejak kelahirannya yang ditetapkan melalui Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Mesuji di Provinsi Lampung, meski digelar terbatas dan sederhana,” ucap Saply.

Dikatakannya, pandemi Covid-19 yang telah menerpa seluruh dunia, mengakibatkan segala lini kehidupan terkena dampak, pola hidup dan kebiasaan seketika berubah, tak terkecuali di Kabupaten Mesuji.

“Menghadapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui refocusing anggaran telah melakukan berbagai upaya dalam penanganannya, baik dalam upaya pencegahan maupun pemberian bantuan bagi warga terdampak pandemi,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Saply kembali mengingatkan agar senantiasa mendisiplinkan diri untuk menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas sehari-hari.

“Sesuai dengan tema besar peringatan HUT ke-12 Kabupaten Mesuji kali ini, yaitu Adaptasi Hadapi Pandemi, relevan dengan kondisi saat ini. Mudah-mudahan dapat memotivasi kita bersama dalam menerapkan adaptasi kebiasaan baru,” pungkasnya.

Di akhir acara, dilakukan pemotongan tumpeng dan penyerahan hadiah lomba-lomba, serta penanam pohon dalam rangka hari menanam pohon.

Laporan : Aan S III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button