Wabup H Slamet pimpin Upacara Hari Pahlawan dan Ziarah Nasional di Banyuasin

34

Sumateranews.co.id, BANYUASIN –Upacara Peringatan Hari Pahlawan Pemkab Banyuasin berlangsung khidmat dengan Tema ”Aku Pahlawan Masa Kini”. Acara berlangsung di Halaman Kantor Bupati Banyuasin dengan bertindak selalu Inspektur Upacara Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH, Minggu (10/11).

Peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya merupakan moment paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan. Pada pertempuran itu seluruh rakyat, bersatu padu, Berjuang, Pantang menyerah melawan penjajahan.

Pakde Slamet berharap generasi muda Terkhusus di kabupaten Banyuasin untuk dapat Mentauladani sifat para pejuang pendahulu Bangsa yang rela berkorban demi kemerdekaan Bangsa ini.

”Peringatan Hari Pahlawan bukan hanya bersifat seremonial saja namun juga harus diisi dengan membangun rasa Nasionalisme dengan cara menolong sesama manusia”, Katanya.

Wabup Slamet menjelaskan bahwa menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia dalam bentuk aksi nyata seperti tolong menolong ketika ada yang terkena musibah, tidak mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak berbuat anarkis serta merugikan orang lain.

“Mari kita terus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur di hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia terkhusus masyarakat Banyuasin tentunya. Semoga momentum hari pahlawan tahun ini menjadikan Kabupaten Banyuasin benar-benar Bangkit, Adil, dan Sejahtera”, harapnya.

Acara dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional di taman Makam Pahlawan Banyuasin disertai juga tabur bunga sebagai bentuk penghormatan pada pahlawan yang telah gugur.

Sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para legiun veteran yang masih hidup, Pemerintah Kabupaten Banyuasin memberikan tali asih secara simbolis kepada 10 orang legiun veteran yakni, Ngadiman, Jali Bunjali, Mashud, Samsudin Husen, H. Satja, ining, Ela Altera, Nuraini, Hj. Cek Non dan Robiah

Juga sebagai bentuk penghargaan sekolah peduli dan berbudaya Lingkungan (Adiwiyata). Pemerintah Kabupaten Banyuasin memberikan penghargaan kepada Sekolah SD, SMP dan SMA penerimaan penghargaan tingkat Kabupaten Banyuasin

Kategori Sekolah Dasar:

SD Negeri 7 Talang Kelapa

SD Negeri 12 Talang Kelapa

SD Negeri 24 Talang Kelapa

Tingkat Sekolah Menengah Pertama

SMP Negeri 1 Tanjung Lago
SMP Negeri 1 Air Kumbang

Kategori Sekolah Menengah Atas

SMA Negeri 1 Air Kumbang
SMA Puspita Air Kumbang.

Laporan : Herwanto

Editor.    : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here