Volume Sampah di Linggau Meningkat

0
240
ilustrasi net

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU – Volume sampah di Lubuklinggau mengalami peningkatan. Peningkatan volume sampah itu berasal dari dua titik atau lokasi yakni dari daerah kawasan Jalan Yos Sudarso dan sebagian kawasan pusat kuliner (Pusat Kota).

“Itu berdasarkan tempat pembuangan sampah (TPS) yang kita angkut,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lubuklinggau, Herdawan, Kamis (23/11).

Meski begitu, pihaknya mengaku belum mendata secara keseluruhan berapa angka peningkatan volume sampah dari dua titik tersebut. Namun untuk angka volume sampah keseluruhan di Lubuklinggau perharinya mencapai 160 ton perhari. Itu didominasi volume sampah dari rumah tangga.

“Itu yang kita angkut dari beberapa titik sepanjang jalan protokol. Karena sampah yang berasal dari dalam atau lorong belum dikumpulkan, jadi sampah tersebut akan dikumpulkan di depan rumah dan pinggir jalan. Selanjutnya sampah tersebut baru diangkut,” bebernya.

Sejauh ini, penanganan pengangkutan volume sampah di Lubuklinggau oleh pihaknya dilakukan sehari dua sampai tiga kali yakni pagi, siang dan sore hari. Pengangkutan mulai dilakukan dari Jl A Yani dan Jl Yos Sudarso.

Selain itu, penyisuran sampah juga dilakukan pada pukul 10.00 WIB. Yang mana satu unit mobil pickup menyisir untuk mengangkut sampah di luar dari jam ketentuan. Dan tidak menutup kemungkinan, jika ada hal-hal yang perlu oleh pihaknya diekstrakan.

“Misal ada TPS yang overlaps, langsung kita tindaklanjuti penanganannya,” beber Herdawan.

Pengangkutan volume sampah juga setiap hari dilakukan dari kontainer sampah. Yang mana keberadaan kontainer sampah terdapat sekitar sembilan unit kontainer sampah. Tersebar di belakang masjid Agung As Salam dua unit kontainer, DPRD dua unit, di Pasar Terminal Atas, di Satelit, pasar dalam dekat rel kereta, dan Perumnas Tanjung Aman,” pungkasnya.

Laporan             : Donna Apriliansyah

Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article