Usai Ditanami Pisang, Akhirnya PT Waskita Karya Bersedia Perbaiki Jalan

0
2380

Sumateranews.co.id,  KAYUAGUNG- Menanggapi aksi demo spontan warga Kutaraya Kecamatan Kayuagung yang memblokir dan menanam pohon pisang di tengah jalan yang rusak di Kelurahan Kutaraya (28/8/2018), PT Waskita Karya selaku pelaksana pembangunan Jalan Tol Kayuagung-Pematang Panggang akhirnya memperbaiki jalan dan tetap berkomintmen terhadap kesepakatan awal dengan Pemerintah Daerah OKI.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Koordinator Pelaksana Pembangunan PT Waskita Karya Sesi III, Maryono saat dikonfirmasi wartawan mengenai tanggapan terhadap aksi warga Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung yang menuntut agar jalan yang rusak segera diperbaiki, Rabu (29/8/2018).

Maryono mengatakan, selaku pihak pelaksana pembangunan jalan Tol Kayuagung-Pematang Panggang pihaknya mengapresiasi keinginan warga Kutaraya Kecamatan Kayuagung dan sekitarnya. ‘’Memang sudah satu minggu yang lalu kita mendapat laporan, warga inginkan jalan yang rusak di Kelurahan Kutaraya segera diperbaiki sebelum bertambah parah dan memakan korban. Kita sudah berusaha agar secepatnya jalan tersebut diperbaiki, namun dikarenakan persiapan terhadap kunjungan menteri BUMN RI dalam rangka meninjau hasil pelaksanaan pembangunan jalan tol di Kayuagung-Pematang Panggang, maka terpaksa warga harus menunggu lama, untuk itu kita mohon maaf,’’ terangnya.

Namun demikain pihaknya tetap komitmen, apabila jalan yang dilalui rusak, maka akan diperbaiki dan akan dibangun seperti semula dengan catatan material sudah berada semuanya di tempat.

Mengenai jalanan yang berdebu akan dilakukan penyiraman dan pembersihan. ‘’Begitu juga dengan got dan trotoar juga akan kita perbaiki, sekali lagi kami mengapresiasi dan berterima kasih sekali terhadap warga Kayuagung yang mendukung pelaksanaan proyek jalan tol ini. Kalau ada keluhan warga langsung sampaikan, Insya Allah segera kita perbaiki. Mulai hari ini mobil Waskita saya jamin tidak lagi melewati jalur lama, bila ada mobil yang terlanjur lewat maka diberitahu untuk memutar ke arah Kelurahan Sukadana, namun bila diizinkan lewat kita sangat berterima kasih,’’ ujarnya.

Sementara itu Aliaman SH perwakilan warga Kutaraya Kecamatan Kayuagung mengatakan, masyarakat sangat mendukung pembangunan jalan tol ini, namun perlu diperhatikan juga hak-hak daripada masyarakat. ‘’Masyarakat hanya menuntut agar jalan diperbaiki dan dibangun kembali seperti semula, got maupun trotoar yang rusak diperbaiki, debu kiranya dapat diminimalisir atau setidaknya pengendara diberi masker. Rumah yang rusak atau retak diberi kompensasi, ya intinya, PT Waskita Karya jangan hanya memberi janji-janji, namun bukti yang harus diberikan kepada masyarakat.

Kami tetap terus memantau perkembangan daripada pelaksanaan pembangunan jalan tol ini hingga selesai. Kita juga tetap akan mengawal perbaikan jalan hingga ke pembangunan seperti semula jalan sebelum pihak PT Waskita Karya mengerjakan proyek jalan tol Kayuagung-Pematang Panggang,’’ tegasnya.

Dari pantauan awak media ini, usai melakukan pemblokiran jalan dan menanam pisang di tengah jalan, warga menyetop sementara seluruh mobil Waskita, Rabu (29/8/2028) sekira pukul 01.15 WIB warga diajak oleh Wisnu perwakilan dari PT Sub Kontraktor dari PT Waskita Precast dan pada pukul 01.20 WIB warga sepakat secara lisan mobil Poton yang mengangkut paku bumi dan mobil lainnya dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan dengan catatan jalan diperbaiki. Malam itu juga untuk sementara jalan diperbaiki dan ditimbun dengan koral, pada siang harinya baru diperbaiki.

Laporan          : Aliaman
Editor/Posting : Imam Ghazali