Usai Bimtek, Kades Jaya Tunggal Meninggal

0
320

Sumateranews.co.id, MUSI RAWAS- Kepala Desa Jaya Tunggal Kecamatan Tua Negeri Kabupaten Musi Rawas (Mura) M Badui, menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Aisyah Lubuklinggau, Jumat (11/8).

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan sebelum meninggal dunia, M Badui yang berumur 63 tahun, usai mengikuti Bimtek Bela Negara di Rindam II Muara Enim pada tahap pertama.

Namun pada perjalanan pulang, tepatnya di Desa Rantau Serik Kecamatan TPK, M Badui tidak sadarkan diri. Sehingga dilarikan ke Rumah Aakit Siti Aisyah.

“Dia (M Badui) mengidap penyakit darah tinggi, terakhir darahnya 150, sebelum pulang dia menelpon saya bahwa dia mengatakan sedang dalam perjalanan pulang,” kata salah satu anggota keluarga M Badui.

Firdaus Cik Olah Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terkait meninggalnya M Badui Kepala Desa Jaya Bakti Kecamatan Tua Negeri Kabupaten Mura yang baru pulang dari Bimtek Bela Negara, dia meminta agar dievaluasi kembali.

“Saya selaku Ketua Abdesi Sumsel meminta agar dievaluasi kembali Bimtek Bela Negara, karena kepala desa itu sipil asli bukan dibentuk dari militer,” kata Firdaus.

Ia juga menjelaskan untuk dipahami pasukan militer saja pada umur 52 tahun sudah masa persiapan pensiun (MPP) nah disana sudah ada kekeliruan antara pihak Pemda dengan TNI.

”Ya boleh – boleh saja adanya bela negara tapi dipilah–pilah juga kades yang ikut. Seperti kadesnya masih muda, jangan yang sudah berumur,” ungkapnya.

Selaku Ketua APDESI Sumsel, Firdaus meminta Dinas PMD selaku penyeleggara agar mengkaji ulang kegiatan bimtek seperti bela negara agar tidak teulang kembali hal yang membuat peserta sengsara dan sampai meninggal dunia.

”Saya benar – benar menyesalkan apa yang terjadi. Walaupun almarhum ada penyakit yang lain, tetapi dia masuk rumah sakit itu masih perjalanan dinas pulang Bimtek itu,” pungkasnya seraya menambahkan keluarga besar APDESI turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya M Badui.
Laporan : Donna April
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre