Usai Bagikan Hewan Qurban, Panitia Hadiri Open House di Rumdin Rektor Unsri

0
226

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Segenap Panitia Idul Adha dan Qurban Masjid Al Ghazali Unsri Palembang, seusai Shalat Ashar memenuhi undangan Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaf, MSCE, Rabu (22/8).

Untuk pembagian hewan qurban sendiri yang berasal dari 10 sapi dan 7 kambing dilakukan melalui 600 kupon lebih, dimulai pukul 15.00 WIB. Secara simbolis pembagian hewan qurban dilakukan Ketua Masjid Al Ghazali Prof. H. Imron Zahri didampingi koordinator panitia Edwin Manan kepada warga yang berhak menerimanya.

Lalu seluruh panitia pun membagikan hewan qurban kepada para penerimanya yang telah antre sebelumnya.

Penyembelihan hewan qurban berupa 10 sapi dan 7 kambing (hewan qurban bertambah saat menjelang Shalat Zuhur, red) dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.45 WIB. Proses penyembelihan yang dilakukan Hubaid, Imam Ghazali, Edwin Manan, dan Ropingan ini berlangsung lancar dan cepat. Apalagi, tahun ini panitia menggunakan teknik baru dalam penjatuhan hewan qurban. Sehingga waktu penyembelihan hewan qurban tak memakan waktu lama, hanya sekitar 5—10 menit saja/hewan.

‘’Alhamdulillah, selama proses penyembelihan dan pemotongan daging tidak ada kendala. Semuanya lancar dan sukses,’’ cetus Imron Zahri, di sela-sela kesibukannya mengawasi kinerja panitia.

Untuk kupon pengambilan daging telah dibagikan satu hari sebelum Idul Adha 1439 H kepada seluruh warga yang berada di sekitar masjid, maupun warga lain yang masuk kawasan Kecamatan IIir Barat 1 Palembang. Dan pembagiannya yang dimotori Pohan, Andi, Indra, Rizal, Jasman, dan panitia yang lain pun terbilang cepat, rapi, dan sukses. Sebab sebelum pukul 17.00 WIB, semua warga telah menerima daging qurban, tanpa terkecuali panitianya.

Sedangkan untuk acara Open House sendiri yang digelar Rektor Unsri di rumah dinasnya (rumdin) yang hanya berjarak beberapa puluh meter saja dari lokasi mesjid juga berlangsung sukses dan lancar.

‘’Assalamualaikum, Bapak-Bapak, Saudara-Saudara, kami sekeluarga mengundang untuk makan bersama di rumah,’’ ujar Anis saat mengundang jemaah dan panitia seusai menjadi Imam Shalat Ashar di Mesjid.

Dan, secara estafet serta bergantian panitia pun menghadiri undangan Open House tersebut bersama undangan lain. Tampak para tamu menikmati hidangan. Mulai nasi minyak, pempek, tekwan, dan sebagainya. Sesekali terdengar tawa-gurau dari hadirin. Menunjukkan suasana silaturahmi dan keakraban yang sudah terjalin selama ini dengan Rektor Unsri yang juga dikenal sebagai kyai dan ulama serta berjiwa penolong dan gaul dengan seluruh kalangan.

Laporan/Posting : Imam Ghazali