UPGRI Palembang Adakan Lomba Puisi dan Cerpen Secara Online Tingkat Nasional 

0
592
Foto: Dok. Humas UPGRI Palembang
Foto: Dok. Humas UPGRI Palembang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG − Dalam memperingati hari puisi nasional, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang mengadakan Lomba Cipta Puisi dan Cerpen Tingkat Nasional serta Baca Puisi se-Sumatera Selatan secara online dengan tema “Mari Kita Tingkatkan Apresiasi Sastra Bagi Generasi Milenial”, Selasa (28/04/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Indonesia ini diikuti oleh beberapa provinsi diantaranya DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi dan Sumatera Selatan.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Indonesia, Andi Permana menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat mengapresiasi ditengah pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia tetap berkarya.

“Kegiatan ini sangat mengapresiasi karena ditengah wabah Covid-19 kami dapat bekerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Alhamdulillah, dalam kegiatan ini berjalan dengan lancar dan efektif”, ungkapnya.

Dalam hal ini Andi juga menyampaikan bahwa untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 lomba ini dilaksanakan secara online.

“Untuk mematuhi aturan dari pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 lomba ini kami laksanakan secara online. Saya berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahunnya sehingga dapat meningkatkan minat pelajar dan masyarakat lainnya untuk lebih mencintai sastra”, ujarnya.

Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr. Dessy Wardiah, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena dalam keadaan seperti ini mahasiswa masih tetap bisa melakukan suatu hal yang positif.

“Saya bangga dengan adanya kegiatan ini, mahasiswasangat aktif untuk mengadakan lomba-lomba yang sangat bermanfaat ditengah pandemi Covid-19. Meski dengan keadaan seperti ini, tidak memudarkan semangat mereka untuk tetap melakukan suatu kegiatan yang positif. Apa lagi kegiatan ini merupakan lomba untuk tingkat nasional, diikuti oleh beberapa provinsi jadi harus melakukan kerjasama dan kekompakan antara dosen dan mahasiswa”, ucapnya.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini tetap dilaksanakan meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19.

“Lomba baca puisi se-Sumsel, cipta puisi dan cerpen tingkat nasional tetap dilaksanakan dengan baik secara online. Artinya, meskipun wabah Covid-19 sedang melanda negeri kita tapi semangat untuk terus belajar dan berkarya tetap berkobar pada jiwa anak bangsa. Saya apresiasi dengan baik kegiatan seperti ini dan saya ucapkan selamat kepada anak-anak yang telah menjadi pemenang, teruslah belajar dan ukir prestasimu”, pungkasnya.

 

Pemenang lomba cipta puisi dan cerpen tingkat nasional serta baca puisi se-Sumatera Selatan.

Lomba Cipta Cerpen

Juara I             : Renaldo Afriansyah (Universitas PGRI Palembang)

Juara II            : Ilham (Politeknik Palcomtech)

Juara III          : Sukmawati (Universitas PGRI Palembang)

Lomba Cipta Puisi

Juara I             : Arif Wicaksono (Universitas Jember)

Juara II            : Khoirinda Afti Nabila (Universitas Airlangga)

Juara III          : Nurlaila (Universitas PGRI Palembang)

Lomba Baca Puisi

Juara I             : Nurul Fitriana (Universitas Sriwijaya)

Juara II            : Rafika Rahmadhani (Universitas Sriwijaya)

Juara III          : Cindy Rahmawati (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)

 

 

Laporan : FKIP-UPGRI/Ht

Editor    : Syarif