PalembangPendidikanSecond HeadlineSumsel

Unpal Gelar Wisuda ke-32

Sumateranews.co.id, PALEMBANG-Sebanyak 167 mahasiswa Universitas Palembang (Unpal) terdiri dari Fakultas Ekonomi, Manajemen, Fakultas Hukum, Teknik Sipil, dan Pertanian, mengikuti prosesi wisuda ke-32 di Hotel Arya Duta, Rabu (4/8) pukul 09.00 WIB.

Acara wisuda kali ini antara lain dihadiri oleh Walikota Jambi, Sekda Provinsi Sumsel, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

Rektor Unpal Zulkifli S Mukti langsung membuka rapat senat khusus terbuka sebagai tanda dimulainya acara wisuda, dengan memindahkan kuncir satu-persatu kepada para wisuda.

Zulkifli S Mukti mengatakan jumlah wisuda dari tahun 1985 sampai sekarang wisuda ke-32 ini sebanyak 13.000 alumni. Sekarang di angkatan ke-32 ini, ada 167 orang yang diwisuda, sekarang jumlah mahasiswa yang meraih predikat pujian sebanyak 5 orang.

“Unpal terus bergerak maju dalam bidang akademik, 70 persen yang diwisuda ini, mampu menyelesaikan pendidikannya dalam kurun 3 tahun 7 bulan, universitas harus mempunyai kewajiban untuk mengembangkan sumber daya manusia. Menciptakan lulusan yang berkualitas akademik sesuai dengan disiplin ilmu serta memiliki jiwa entrepreneur. Kualitas lulusan diharapkan mampu bersaing dalam tantangan dunia kerja, berimajinasi, inovasi dan memiliki kemampuan kompetensi akademik secara profesional. Kedua adalah menyiapkan sumber daya akademik dan non-akademik yang memiliki kemampuan yang andal dengan berbagai keahlian spesifik guna tercapainya kualitas pengelolaan universitas (Improvment Management Quality) dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi. Ketiga, menjalin hubungan secara sinergis dengan eksternal stakeholder. Keempat, membentuk softskil yang tangguh sebagai nilai tambah bagi alumni,’’ papar Rektor.

Untuk mencapai semua itu maka terdapat beberapa isu strategis yang telah ditetapkan menjadi fokus pengembangan institusi untuk 5 (lima) tahun ke depan.

Membangun Kapasitas Organisasi dan Kelembagaan institusi.

Membangun kapasitas organisasi adalah upaya untuk memperkuat sistem manajemen organisasi agar menjadi lebih efektif dan efisien. Pembangunan kapasitas ini mencakup pengelolaan organisasi, sumberdaya manusia, dan program pelayanan internal institusi, sehingga lebih tepat guna dan berkualitas. Pengelolaan hubungan institusi dengan pihak dunia kerja serta keberlanjutan peranan organisasi institusi dalam membangun dunia pendidikan tinggi.

Mendukung Peningkatan Daya Saing Institusi

Institusi pendidikan menjadi sangat penting dalam upaya peningkatan daya saing yang dapat diwujudkan apabila institusi pendidikan Unpal mampu mengimplementasikan manajemen yang prima dengan dukungan sumberdaya, sehingga institusi menjadi suatu organisasi yang sehat dan berkualitas. Dengan demikian institusi dapat menyelenggarakan aktivitas pembelajaran dalam membangun kapabilitas intelektual, sehingga menjadi manusia yang memiliki jiwa berwirausaha serta mampu berkompetisi di pangsa kerja.

Membangun Peran Institusi Dalam Mengembangkan Potensi Masyarakat

Keberadaan Unpal harus menjadi inisiator dalam menggali potensi masyarakat. Berkaitan dengan hal ini, institusi dapat berperan aktif dalam hal pengembangan implementasi sektor pendidikan, pengkajian ilmu pengetahuan dan pengabdian/serta pemberdayaan masyarakat melalui berbagai metode perencanaan dan program, sehingga dapat menjadi pioner dalam menggali dan mengembangkan potensi masyarakat.

Harapan Rektor Unpal untuk alumni haruslah berprilaku baik dengan membawa almamater Unpal ke masyarakat, jangan menyakiti hati masyarakat karena imbasnya ke almamater. Jagalah nama baik almamater yang telah kami berikan sebagai pendidikan yang baik.

‘’Kami sebagai pengajar seolah kami melepaskan strata 1 belum siap kepada alumni apabila tidak bisa membawa kebaikan ke masyarakat. Itulah makanya imbasnya kepada kami sebagai pengajar dan almamater. Jadi untuk alumni sekarang ini berprilakulah baik di manapun berada. Dan untuk alumni sekarang pintarlah melihat peluang yang ada dan harus cerdik melihat pasar untuk peluang kerja. Jiwa kewirausahaan yang kami berikan dipendidikan praktis yang sifatnya tidak banyak teori yang intinya kami mengharapkan sesuai dengan cita-cita mengembangkan sumber daya manusia. Dimana akhir perkembangan teknologi sekarang ini kita lihat akhirnya sumber daya manusia itu tidak terpakai karena sifatnya manual. Dan alumni sekarang dituntut untuk berinovasi dan berinovatif untuk bangsa ini kelolalah peluang yang ada sebaiknya. Kembangkan sumber daya alam yang ada seperti kopi dan geta gambir kelolalah dengan inovasi dengan baik sehingga menghasilkan kualitas yang mahal,” jelasnya.

Adapun jumlah alumni yang diwisuda sekarang ini terdiri dari 167 orang dari Fakultas Ekonomi sekitar 87 orang, Fakultas Hukum sekitar 50 orang, Fakultas Teknik sipil sekitar 20 orang, dan Fakultas Pertanian 10 orang.

 

Laporan       : Yudi

Posting       : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button