UKM Lahat Terkendala Pemasaran

0
171

Sumateranews.co.id, LAHAT- Produktivitas warga Lahat yang tergabung dalam UKM (Usaha Kecil Menengah) memang tak diragukan lagi. Beragam produk telah mereka hasilkan seperti kerajinan gerabah, tas rajut, kerajinan rotan, dan makanan ringan bipang serta lainnya.

Namun sayang hingga kini, semua karya itu jalan di tempat alias pemasarannya hanya sebatas wilayah Bumi Seganti Setungguan semata. Padahal dari segi kuantitas maupun kualitas, produk tersebut siap bersaing dengan aneka produk lainnya.

Itulah kendala yang dihadapi hingga saat ini. Padahal terhitung 1 Januari 2017 lalu telah dilakukan pencanangnan Menuju Ekonomi Asean ( MEA). Tapi saying pencanangan tersebut belum begitu menyentuh produk local asal Lahat.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Koperasi Lahat melalui Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Sri Astuti SSos mengatakan bahwa jumlah UKM mikro di Lahat yang sudah terdaftar mencapai 8000. ‘’Tapi memang untuk pemasaran kita masih mengalami kendala. Selama ini, kita sudah membantu mempromosikan produk-produk tersebut dengan bekerja sama dengan BPOM Provinsi dan MUI bahkan Dinas Kesehatan menyangkut izin kesehatan,’’ ujar Sri, apa adanya.

Meski demikian, Sri tetap berharap agar produk hasil asli UKM di Lahat tetap berproduksi dan terus meningkatkan kualitasnya.

Laporan : Novita

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre