UGB SPNF SKB Banyuasin Diresmikan

0
487

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Unit Gedung Baru (UGB) Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Sumsel, yang merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2017, Rabu (6/12) di diresmikan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) melalui Kasubdit Hasan Bisri didampingi Kasi Kelembagaan Irfan serta Sekda Banyuasin Firmansyah.

Kasubdit Ditjen Pendidikan Hasan Bisri berharap gedung baru SPNF SKB Banyuasin dapat dimanfaatkan dengan baik dan memberikan ruang kegiatan bagi peserta didik untuk terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas pendidikan.

“Saya berharap peran dinas dan elemen serta organisasi harus dijalankan secara maksimal, demi peningkatan pelayanan pendidikan,” katanya.

Menurut Hasan, Gedung SPNF SKB yang sudah diresmikan, harus mulai menyiapkan Program kegiatan, mulai tenaga Kependidikan, Pamong Belajar (BP) yang berkompeten di bidang masing-masing.

“Program kegiatannya harus terus bertambah, termasuk tenaga pengajar Pamong, biasa juga tenaga honorer diperdayakan, sesuai kompetensi dan waktu mengajarnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, kedepan SPNF SKB Banyuasin akan disalurkan dana sebesar Rp 1.5 milyar rupiah sebagai bentuk apresiasi, untuk fasilitas pendukung lainnya seperti ruang kelas baru, rehab jamban, buku perpustakaan dan kebutuhan kegiatan belajar mengajar lainnya.

Lanjutnya lagi, di Indonesia Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sudah berjumlah 409 dan 298 yang sudah menjadi satuan pendidikan nonformal (SPNF).

“Dengan adanya SPNF SKB ini program yang nantinya akan dilakukan sangat mendukung, dari program paket A,B,C, PKW dan lainnya itu dilakukan bertahap termasuk kerjasama dengan Ikatan Wartawan Online Banyuasin,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin Firmansyah meyakini SPNF SKB yang ada di Kabupaten Banyuasin, ke depannya akan terus didukung penuh pemerintah daerah. Mulai perluasan pembangunan, persiapan fasilitas, pemenuhan tenaga pendidik (pamong belajar) dalam upaya peningkatan mutu program-program yang dilaksanakan SPNF SKB.

“Pemkab Banyuasin tidak berdiam diri untuk memenuhi fasilitas SPNF SKB, termasuk dukungan program, Pendidikan Masyarakat, kursus dan pelatihan, serta pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan, ” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala SPNF SKB Kota Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah membantu dengan membantu pembangunan Unit Gedung Baru melalui DAK tahun 2017.

“Kita bangga SPNF SKB ini yang pertama dan satu- satunya di Kabupaten Banyuasin, Insya Allah kami akan manfaatkan dengan baik, sesuai dengan apa yang diharapkan khususnya dalam peningkatan mutu dan kualitas didik,” katanya.

Dijelaskan Siti, pembangunan gedung SPNF SKB melalui DAK menelan dana sebesar Rp 1401000.000,- RKB rehab/renov dan buku.

“Insya Allah tahun 2018 mendatang SPNF SKB Banyuasin juga mendapat bantuan DAK Rp 1.5 milyar,- untuk pembangunan gedung baru sebanyak 4 (empat) lokal,” katanya.

Hadir dalam acara peresmian UGB SPNF SKB Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, selain Kasubdit Pendidikan Anak Usia Dini, jajaran Pejabat Disdikporapar di antaranya Kabid PAUD dan PNF juga, Kapolres Camat Banyuasin III, Lurah Kades, Kalapas.

Laporan           : Al Dafid

Editor/Posting : Imam Ghazali