TTD dan Taburia Strategis Utama Mengurangi Anemia.

0
199

Sumateranews.co.id Sekayu,- Guna mengatasi masalah anemia pada ibu hamil di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba menggelar pelatihan orientasi manajemen pemberian dan pemantauan mutu tablet tambah darah (TTD) dan taburia untuk petugas kesehatan puskesmas Kabupaten Muba di Hotel Randik Sekayu, Kamis (06/07/17).

Kepala Dinkes Muba dr H Taufik Rusydi, MKes didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Mgs. Syarif Toyib, SP, SKM, MM mengatakan bahwa pemberian TTD dan taburia merupakan strategi utama untuk mengurangi anemia pada ibu hamil. Untuk itu diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat melakukan perencanaan yang tepat untuk pengadaan dan distribusi, dapat melakukan komunikai yang baik kepada para ibu serta dapat melakukan pemantauan dan pengawasan yang intensif.

“Dengan demikian diharapkan dapat menurunkan angka anemia pada ibu hamil sehingga dapat membentuk generasi yang sehat dan cerdas”, ungkapnya.

Ketua panitia Ahmad Sadiq, SKM, MKM dalam laporannya mengatakan pelatihan yang berlangsung di Hotel Randik Sekayu diikuti 28 orang peserta yang berasal dari 14 puskesmas. Pelatihan ini dibedakan menjadi 2 (dua) kelas, kelas pertama dilaksanakan pada tanggal 05-08 Juli 2017 dan kelas kedua dilaksanakan pada tanggal 13-16 Juli 2017.

Lanjutnya, metode pelatihan didasarkan pada pendekatan pembelajaran partisipatif yang meliputi teknik motivasi, siklus pembelajaran berdasarkan pengalaman, ketuntasan dan kinerja, supervisi dan praktek serta supervisi tindak lanjut. Fasilitator pelatihan yakni fasilitator kabupaten yang telah dilatih ditingkat provinsi.

“Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dalam mengelola pemberian TTD dan taburia untuk mengurangi anemia pada ibu hamil dan baduta diwilayah kerja program kesehatan gizi berbasis masyarakat (PKGBM)”, jelasnya.

laporan :Hasbullah
Editor :Imam Ghazali