Tokoh Pendiri Banyuasin Terharu, Mengetahui Jalan Poros Tempat Dia Jadi Camat Sudah di Cor Beton

701
Perayaan Hari Jadi Kabupaten Banyuasin ke 18, yang dirayakan secara sederhana di Pendopoan rumah dinas Bupati Banyuasin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Jumat (3/07/2020).

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Tokoh pendiri Kabupaten Banyuasin Drs H Noer Muhammad tak kuasa menahan harunya, saat menyampaikan sambutannya mewakili tokoh masyarakat pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Banyuasin ke 18, yang dirayakan secara sederhana di Pendopoan rumah dinas Bupati Banyuasin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Jumat (3/07/2020).

Bahkan sambutan tokoh masyarakat ini sempat terhenti karena harus menyekah air mata. Sesepuh Banyuasin ini terharu terkait sudah dibangunnya jalan poros dengan cor beton di kawasan Perambahan, Muara Padang dan Muara Sugihan serta jalan poros lainnya.

“Saya dapat WA dari sahabat yang diam di Perambahan, yang isinya mengabarkan bahwa jalan poros Durian Ijo menuju Muara Padang sudah dicor beton,” katanya, saat didaulat menyampaikan kata sambutan mewakili tokoh masyarakat.

Daerah itu, terang Noer Muhammad adalah daerah yang terisolir, daerah yang sulit karena kondisi tanah rawa. “Saya pernah jadi camat di wilayah ini, saya sudah merasakan sulitnya daerahnya. Kondisi jalan tidak pernah diperbaiki. Maka ketika dapat kabar jalan poros di wilayah ini sudah dibangun dengan cor beton saya tidak bisa menahan rasa haru. Saya berterima kasih karena pak Bupati Askolani sangat peduli dengan daerah ini,” ucapnya, terharu.

Dengan kondisi jalan yang sudah kondisi baik itu, terang Noer Muhammad, dipastikan transportasi akan lancar dan ekonomi akan semakin baik. Untuk itu dirinya berpesan agar kawasan persawahan tetap dipertahankan sampai kapanpun.

“Jangan sampai jalan bagus ekonomi maju, orang banyak masuk semua akan berubah, tolong nian jangan dirubah menjadi tanam sawit tetapi tetap tanaman pangan padi dan jagung,” terang Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Muba ini.

Noer Muhammad juga memberikan suport kepada Bupati Askolani dan Wabup H Slamet yang pada tahun 2021 ini akan melakukan penataan Kota Pangkalan Balai dengan didahului melakukan pelebaran jalan Merdeka.

“Kota Pangkalan Balai penataannya sudah di programkan, kita sangat suport karena jalan Merdeka Pangkalan Balai ini memiliki sejarah perjuangan dalam merebut kemerdekaan,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Noer Muhammad juga menyarankan segera mewujudkan pembangunan stadion olah raga agar daerah lebih maju dengan hadirnya altet-atlet asal Kabupaten Banyuasin.

“Selamat ulang tahun Banyuasin ke 18, tetap jaya maju segala bidang,” harapnya.

Dalam perayaan hari jadi ke 18 ini, dilaksanakan secara sederhana hanya pemotongan tumpeng. Gubernur Herman Deru memberika sambutan secara virtual dari Griya Agung Palembang.

Turut hadir dalam acara ini, Bupati Banyuasin H Askolani, Wabup H Slamet, Ketua DPRD Irian Setiawan, Mantan Bupati Banyuasin SA Supriono yang juga staf ahli Gubernur Sumsel, Kapolres AKBP Danny Sianipar, Dandim 0430 Letkol Arh Alpian, Kajari M Jefri. Pimpinan dan anggota DPRD Banyuasin, Kepala OPD, Staf Ahli dan Staf Khusus.

Tokoh masyarakat yang hadir, H Kaharudin Aziz, Adnan Abdul Somad, Robani Syahrin, dan Ibnu Aziz.

Bupati Banyuasin H Askolani menegaskan, bahwa dirinya bersama Wabup dan jajaran dengan program Infrastruktur Bagus akan menyelesaikan kondisi jalan yang hampir 80 persen rusak baik ringan, sedang maupun berat.

“Suport pak Noer Muhammad dan para tokoh pendiri Banyuasin menjadi energi bagi kami dalam membangun Banyuasin. Sudah saya tegaskan dari awal menjabat bahwa membangun Banyuasin ini tidak bisa hanya dengan tangan kita sendiri namun butuh suport Presiden dan Gubernur,” katanya.

“Kami juga memberanikan diri dengan menggunakan dana pinjaman untuk membangun tujuh jalan poros, dan hasilnya dapat kita lihat dan rasakan saat ini. Kalau kita mengandalkan APBD tidak akan pernah selesai,” tandas dia.

Diterangkan Bupati Askolani, dari data Dinas PUTR, Total jalan Kabupaten sepanjang 1.198,6 Kilometer, tahun 2019 yang sudah dibangun 55,15 persen atau 661,03 Kilometer. Target tahun 2020 berdasarkan IKU Dinas PUTR 78,03 persen atau sepanjang 935,26 kilometer. Dan sampai Triwulan I tahun 2020 ini mencapai 56,42 persen atau sepanjang 676,25 kilometer.

“Insyaallah, jalan yang masih rusak sekitar  261,34 km kita targetkan selesai tahun depan,” tegasnya.

Tujuh jalan poros yang dibangun Pemkab Banyuasin, Jalan poros Desa Lubuk Karet, Taja Raya II dan Taja Mulya Kecamatan Betung sepanjang 12 Km realisasi 11,078 KM, Jalan Poros Muara Padang- Muara Sugihan Kecamatan Muara Padang sepanjang 21 Km realisasi 19, 805 KM, Pembangunan Jalan Poros Kabupaten Banyuasin I – Air Saleh Prambahan Jalur 10 sepanjang 10, 910 Km terealisasi 10,697 Km.

Kemudian, Jalan Poros Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh menuju Kecamatan Pulau Rimau sepanjang 18, 110 Km realiasi 17,380 Km, Pengecoran jalan poros Sungai Dua – Prajen Kecamatan Rambutan sepanjang 3.50 Km realisasi 3,320 KM, Pengecoran Jalan Poros Sukamulya -Karang Petai Kecamatan Banyuasin III sepanjang 10,742 Km realiasi 11.078 km dan pengecoran jalan poros Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa sepanjang 3,365 Km realiasi 2,788 Km.

Terpisah, Gubernur Sumsel Herman Deru juga menilai langka Bupati Banyuasin H Askolani dan Wabup H Slamet membangun infrastruktur adalah langka yang sudah tepat. “Apa yang dikerjakan Pak Bupati Banyuasin beserta jajaran itu sudah tepat, karena infrastruktur itu penting apalagi titik lokasi pembangunan adalah sentra produksi pangan yang mengangkat nama Banyuasin di kenca nasional sebagai Kabupaten lumbung pangan ke 4 nasional,” katanya.

Herman Deru juga memuji kekompakan Bupati Askolani dan Wabup H Slamet dengan FKPD dan jajarannya. Karena kompak ini adalah kunci utama dalam membangun daerah.

“Hari Jadi ini momentum kita bertukar pengalaman, dan jangan takut bertanya dengan yang berpengalaman, karena itu sangat baik untuk kelanjutan ceritanya pembangunan. Selamat hari Jadi ke 18 Kabupaten Banyuasin, bangkit dan maju,” tandasnya.

Laporan : Wanto III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here