Kabar TNIUncategorized

TMMD 119 Kodim 0428/Mukomuko “Dari Rakyat, Untuk Rakyat, Kembali Ke Rakyat”

Mukomuko- TNI dilahirkan dari rakyat. Karena itu, TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat. hubungan TNI dan rakyat ibarat Ikan dan Air, Ikan tidak akan hidup tanpa air, begitu juga sebaliknya.Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI,”

Melalui kegiatan TMMD ke 119 Kodim 0428/Mukomuko bahu membahu dengan rakyat,Demi kesejahteraan rakyatnya TNI harus mampu silangkan senjata dan menggantinya dengan berbagai macam perkakas guna membantu Pemerintahan Daerah (Pemda) dalam membangun infrastruktur dan sarana prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat khusus nya masyarakat Desa lubuk Talang Kecamatan Malin Deman.

Prajurit TNI dapat diartikan merelakan dan memberikan seluruh jiwa dan raga untuk bekerja atau melakukan sesuatu semata-mata hanya atas dasar keinginan tanpa berharap menerima imbalan apapun tanpa batasan tertentu sampai kapanpun dan di manapun.Pengabdian tanpa batas tersebutlah dimiliki oleh anggota TNI

Seperti saat ini, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun 2024 Kodim 0428/Mukomukon.menyerbu Desa Lubuk Talang ,Kec Malin Deman ,Kab Mukomuko. Sejak resmi dibukanya TMMD Ke -119 berthema”Dharma Bakti TMMD ke- 119 mewujudkan percepatan pembangunan  wilayah” Yang digelar Kodim 0428/Mukomuko, korem 041/Gamas Kodam ll/Sriwijaya.

Para personel Satgas dipimpin Letkol Inf Andri Suratman bersinergi dengan Polri,Pemda dan warga masyarakat mewujudkan pembangunan .

Demi mewujudkan kesejahteraan warga masyarakat Desa Lubuk Talang kecamatan Malin Deman personel Satgas yang bekerja sesuai Sapta Marga dan Sumpah prajurit itu,Tulus dan ikhkas melaksanakan tugas demi Rakyat dan masyarakat nya

Dengan kekompakan dan budaya kegotong royongan personel Satgas TMMD Ke -119 Kodim 0428/Mukomuko dibantu warga masyarakat Desa Lubuk Talang kecamatan Malin Deman Kab. Mukomuko mengerjakan seluruh
Sasaran fisik dan non fisik,
Sasaran fisik yaitu” peningkatan/pengoralan badan jalan sepanjang 1740 M x lebar ling 1: 4,5 M, ling 2&3 : 4 M dan 1 titik pemasangan gorong gorong yang merupakan sasaran pokok.,serta 1unit RTLH (Rehab Rumah tidak layak huni) 1unit Renofasi MCK,1 titik sumur bor, penghijauan dan Ketahanan pangan jagung”untuk sasaran tambahan.

Pada kegiatan tersebut personel Satgas dibantu warga masyarakat sejak usai apel pagi hingga petang melaksanakan pekerjaan fisik. Meskipun harus Menyapa Alam Melawan Hujan dan Panas,Demi Mensejahterakan Warga Masyarakat dan Mendukung Pemda Dalam Pembangunan, Inilah Wujud Pengabdian Tanpa Batas Satgas TMMD Kodim 0428/Mukomuko.

Selain sasaran fisik TMMD ke-119 Kodim 0428/Mukomuko Ada juga sasaran non fisik yaitu ” Penyuluhan Bela Negara,Penyuluhan Hukum,
Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Wawasan kebangsaan,
Penyuluhan Ketahanan Pangan, Penyuluhan Kamtibmas,
Penyuluhan Stunting,penyuluhan KB Kes,Penyuluhan posyandu, penyuluhan Pos bindu PTM serta Pemutaran Film Perjuangan.

Disini selama sebulan personel Satgas TMMD Ke-119 ada yang menginap di Pos Kotis TMMD ada juga yang menginap berbaur dengan masyarakat.Kehadiran para prajurit TNI dan Polri yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-119 ini menambah suasana baru dan keakraban bagi para warga Desa Lubuk Talang, Kecamatan Malin Deman kab. Mukomuko.

“Satgas TMMD ke-119 hadir bukan hanya sekedar membangun infrastruktur saja,dan juga hadir untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat dan membantu Pemda meningkatkan pembangunan demi mensejahterakan warga masyarakat lewat program TMMD”

Hari demi hari para Satgas terus berjuang melawan panas, hujan dan tanpa mengenal waktu serta lelah demi menuntaskan pembangunan sasaran fisik dan non fisik di Desa Lubuk Talang kecamatan Malin Deman.

Dengan berbagai perlengkapan dan mengerahkan prajurit TNI handal dalam bidang infrastruktur, dibantu masyarakat dan dukungan Pemda setempat seluruh pekerjaan fisik dikerjakan dengan ikhlas sehingga berjalan dengan lancar.

Kehadiran personel Satgas di wilayah Desa Lubuk Talang, Kecamatan Malin Deman juga meningkatkan perekonomian dan pertanian masyarakat.

Kita ketahui bahwa kegiatan fisik berupa peningkatan/pengoralan badan jalan yang dikerjakan Satgas TMMD untuk memperlancar akses transfortasi warga masyarakat agar warga lebih mudah dan gampang menjual hasil pertaniannya dan meningkatkan ikatan silaturahmi dengan warga lainnya.

Tak hanya itu saja, TNI juga selalu memberi dorongan dan motivasi kepada masyarakat, melalui penyuluhan penyuluhan yang merupakan kegiatan sasaran non fisik kepada masyarakat dilokasi TMMD, membangkitkan semangat bela negara, menanamkan rasa cinta tanah air dan mewujudkan Ketahanan Wilayah melalui Program Non Fisik dan Komsos-Nya.

Pengabdian TNI kepada negeri tidak akan ada habisnya dan tanpa batas dan selama waktu Pelaksanaan Program TMMD sudah terbentuk kekeluargaan dan Kedekatan TNI dan masyarakat, nampak saat tinggal bersama di rumah-rumah penduduk, terlebih saat proses pekerjaan berlangsung.

Sebelum kegiatan TMMD 119 masuk ke Desa Lubuk Talang kecamatan Malin Deman masyarakat banyak yang mengeluh dengan kondisi wilayah, dikarenakan tidak memiliki jalan bagus untuk akses transfortasi didesa tersebut.

Sebagaimana diketahui bahwa sudah 15 tahun warga masyarakat mendambakan pembangunan jalan agar akses bisa lancar dan mengangkat hasil,akhirnya impian dan harapan warga terwujud berkat Program kegiatan TMMD ke-119
Kodim 0428/Mukomuko

Saat ini jalan yang dibangun Satgas (TNI) sudah bisa dimanfaatkan warga masyarakat .Ini bukti nyata bahwa kehadiran tentara di Desa Lubuk Talang kecamatan Malin Deman,selama sebulan damfaknya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain mewujudkan pembangunan membantu Pemda, personel Satgas juga membangun Pertahanan Wilayah lewat program Non Fisik.

Menyentuh dan menyapa alam melawan hujan dan panas pantas ditujukan kepada TNI sebagai “Wujud Pengabdian Tanpa Batas”.
Selain itu, kegiatan TMMD juga untuk menggelorakan semangat gotong royong dan mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat, kegiatan TMMD yang merupakan program terpadu lintas sektoral, melibatkan berbagai komponen bangsa lainnya.

TNI AD Selalu Ada Dihati Rakyat,
” Dari Rakyat,Untuk Rakyat,Kembali Ke Rakyat “

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button