Titik Koordinat Batas Wilayah OKUS- Lampung Barat Belum Final

88

Sumateranews.co.id, OKU SELATAN- Tindak lanjut sengketa tapal batas wilayah kerja OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan dan wilayah kerja Lampung Barat Provinsi Lampung belum ada penetapan final secara permanen.

Hal itu lantaran Tim Badan Informasi Geospasial (BIG) baru hanya sebatas pada tahapan mencatat dan menginput data terupdate dari peta atau karto matrix sebagai acuan sementara sumber BPS pusat kemudian untuk diverifikasi.

Hal itu diketahui dari kegiatan Tim BIG dengan pemerintah daerah Lampung Barat sebagai tindak lanjut tahapan mengurai konflik batas wilayah beberapa waktu lalu.

Armin Amin, S.Si delegasi tim BIG mengatakan jika untuk sementara belum ada penetapan resmi baik secara yuridis formal maupun defacto terkait dengan penetapan batas wilayah karena sebut Armin dirinya hanya mencatat dari data yang tersedia sebagai bahan revisi ataupun kajian. “Tim khusus nanti yang akan datang guna memastikan setiap titik koordinat dan setelah itu baru ditetapkan,” katanya Rabu, (17/10).

Lebih lanjut Armin mengatakan bahwa dari data peta karto matrix BPS akan mempelajari. Kemudian mengecek data terbaru BPS dan tidak menutup kemungkinan adanya koreksi. “Jika pun nanti ada data di lapangan yang tidak ada kesesuaian bisa saja revisi,” tandasnya.

Diketahui konflik antar wilayah kerja OKU Selatan dan Lampung Barat yakni Desa Sinar Jaya Kecamatan Buay Pemaca OKU Selatan dan ada tiga dusun selama ini diklaim pemerintah daerah Lampung Barat masuk dalam Kecamatan Batu Ketulis Lampung Barat yang hingga saat ini dengan serta merta memberdayakan SDA maupun SDM di wilayah tersebut. Sehingga Provinsi Sumatera Selatan menghendaki adanya aturan regulasi batas wilayah yang telah ada untuk dipatuhi.

Laporan          : Asmidan
Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here