Tionghoa Bangka Sambut Tradisi Perayaan Imlex 2570

222

Sumateranews.co.id, BANGKA- Tahun Baru Imlex 2570 tahun ini merupakan perayaan penting untuk orang Tionghoa yang dimulai pada hari  pertama bulan pertama di penanggalan kalender Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh yakni pada tanggal 15 bulan pertama.

Satu hari sebelum menjelang Tahun Baru Imlex tradisi Tionghoa Bangka melakukan sembahyang terlebih dahulu. Baik di depan rumah maupun Kelenteng dan Vihara  bertepatan pada tanggal 30 bulan 12 kalender imlek .

Persembahyangan tersebut guna  menghormati para leluhur dan memohon harapan baik kepada Tuhan.

Sebelum menyambut Tahun Baru Imlex, seluruh atau anggota keluarga terlebih dahulu bekerjasama dalam membersihkan rumah kediamanya. Bersih-bersih kediaman rumah tersebut merupakan wujud membersihkan diri atau anggota keluarga rumah dari semua nasib buruk dari tahun sebelumnya.

Setiap anggota keluarga orang Tionghoa yang ada di rantauan di tiap Tahun Imlex biasanya kembali atau pulang ke kampung halamannya guna merayakan Imlex bersama orang tua dan saudaranya.

Selain itu Imlek juga dapat dijadikan sarana untuk saling menghormati dan saling mengunjungi.

Yang biasanya anak muda mengunjungi kaum yang tua atau tetangga, kemudian yang tua memberikan rezeki berupa uang dalam amplop warna merah yang disebut angpau kepada anak-anak.

Menurut tradisi Tionghoa, angpau warna merah tersebut dipercaya sebagai lambang keberuntungan dan bentuk pertukaran harapan baik untuk si pemberi maupun si penerimanya.

Perayaan di Malam Imlex dikenal sebagai malam pergantian tahun dan di hari Imlexnya sebagai mensyukuri anugrah yang telah diberikan Tuhan serta memohon perlindungan dan kebahagian untuk masa mendatang.

Suasana Perayaan Imlex dimeriahkan dengan pemasangan Lampion warna merah, pesta kembang api, maupun tarian barongsai baik di halaman rumah maupun di Kelenteng atau Vihara.

Lampion  warna merah tersebut merupakan unsur pokok tradisi Tionghoa  sebagai simbol kebahagian dan keberuntungan dengan penuh harapan.

Sedangkan Kembang Api pertanda sebagai  pergantian tahun dan sambut tahun baru bertepatan pukul 00.00 WIB.

“Xin Nien Khuai Le, Gong Xi Fa Cai ,Wan She Ru Yi “Selamat Tahun Baru’’. Semoga berbahagia dan penuh kekayaan, serta segala sesuatu dapat diharapkan dengan baik.

“Kiong Hi Sin Nien” Semoga Berbahagia di Tahun Baru Imlex.

 

Laporan          : Suyanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here