TINGKATKAN MINAT BACA, DINAS PERPUSTAKAAN PILIH DUTA BACA

0
674
ilustrasi net

Sumateranews.co.id, BANDAR LAMPUNG –  Guna meningkatkan budaya kegemaran membaca di kalangan mahasiswa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung akan menggelar Pemilihan “Duta Baca Mahasiswa Lampung 2017 “.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Herlina Warganegara mengatakan, digelarnya Duta Baca Mahasiswa ini untuk menimbulkan minat membaca dan kunjungan ke perpustakaan. Dipilihnya mahasiswa sebagai peserta, ia merujuk data dari tingkat kunjungan ke perpustakaan. Dari data yang dimiliki ini kunjungan mahasiswa ke perpustakaan daerah sangat sedikit dibandingkan kalangan pelajar.

“Kami lihat data kunjungan, kampus di Lampung terutama di Bandar Lampung kan banyak. Tapi, untuk kunjungan lebih sedikit mahasiswa dari pada pelajar. Mahasiswa banyak berkunjung ketika memasuki masa tugas akhir/skripsi karena disuruh dosen mencari buku dan rujukan, padahal menurut saya sangat disayangkan. Harusnya mahasiswa minat bacanya bisa lebih tinggi dari pelajar,” jelas Herlina, Senin (20/11/2017).

Herlina juga menjelaskan, pemilihan mahasiswa ini juga agar para mahasiswa bisa mengajak serta mendorong kepada teman sesama ataupun kepada para pelajar untuk menyosialisasikan minat baca yang selama ini dianggap sudah berkurang. Selama ini, pemerintah pusat serta Pemerintah Provinsi Lampung sudah berupaya meningkatkan minat baca. Banyak program yang sudah dilakukan demi menarik minat baca.

“Kita banyak program yang sudah dijalankan demi menarik minat baca, terakhir ada gerakan Lampung Membaca yang dimotori oleh Presenter Najwa Shihab. Pak Gubernur juga memiliki program membaca untuk desa dengan memberikan bantuan buku-buku kepada desa-desa di seluruh penjuru Lampung. Ada juga program yang digerakkan oleh PKK ke posyandu dan lansia,” pungkasnya.

Laporan            : Dedy

Editor/Posting   : Imam Ghazali