Tingkatkan Keamanan, Polres Prabu Perkuat Pos Kamling

0
215

Sumateranews.co.id PRABUMULIH – Berbagai cara dilakukan kepolisian resort (Polres) Prabumulih untuk menjaga situasi Kamtibmas agar di wilayah hukumnya tetap kondusif. Salah satunya, dengan upaya memperkuat sistem keamanan swakarsa seperti pos kamling.
Tak hanya untuk menjaga Kamtibmas saja, namun tingginya angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Prabumulih juga membuat pihak polisi terus ambil sikap. Petugas Bhabin Kamtibmas kelurahan pun rutin melakukan sosialisasi dengan mendatangi pos kamling di masing-masing wilayah hukumnya.
“Tujuannya, selain mengajak masyarakat bersama-sama untuk menjaga kamtibmas juga untuk memutus mata rantai peredaran narkoba yang hingga saat ini peredaran di tengah pemukiman terbilang cukup tinggi,” ujar Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Kompol Zai’an didampingi Kasat Narkoba, AKP M Ali Asri SH dan Kasat Binmas, AKP Dedi Rahmad Hidayat SH belum lama ini.
Menurut Kasat Narkoba, peredaran dan penyalahgunaan narkoba bukan lagi wacana, melainkan sudah benar-benar nyata. Kondisi itu dibuktikan dari banyaknya tersangka yang berhasil diungkap. Baik pengedar, kurir, pemasok, maupun pengguna. “Bahkan banyak sebagai pengedar sekaligus pengguna,” tegasnya.
Oleh karenanya, kata Asri, pihaknya berharap warga dapat mencegah sekaligus mengantisipasi menjamurnya tren peredaran narkoba. Lebih lanjut Kasat Binmas, AKP Dedi Rahmad Hidayat SH menambahkan, dengan mengaktifkan pos kamling di setiap lingkungan tentunya bisa mengantisipasi, menekan, dan mendeteksi sedini mungkin tindak kriminal. Berbagai macam seperti pencurian, penjambretan, perampokan dan terorisme. “Kalau kita bisa antisipasi dulu kenapa tidak, kita yakin adanya pos kamling kejahatan bisa ditekan seminim mungkin,” tuturnya.
Upaya yang tengah dilakukan pihaknya saat inipun, sambung Dedi, melalui petugas Bhabin Kamtibmas di setiap kelurahan yang ada di kota nanas ini selalu rutin melakukan sambang ke pos-pos kamling di wilayah tugasnya untuk memberikan semangat serta memastikan kegiatan pos kamling yang ada. “Setiap kesempatan petugas kita menyambangi pos kamling di wilayah mereka,” katanya.
Sementara itu, wujud nyata untuk menjamin keamanan serta kenyamanan masyarakat di Kota Prabumulih ini telah dilakukan pihaknya seperti salah satu anggota Bhabin Kamtibmas di wilayah Kelurahan Sukajadi, Brigadir Wahyu Perdana dengan memberikan sarana kontak berupa senter dan jas hujan untuk kelengkapan pos kamling yang berada di Lingkungan RT01 RW03 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Prabumulih Timur. Bantuan perlengkapan pos tersebut diterima oleh petugas pos kamling setempat.
“Dengan adanya bantuan seperti ini harapan kami kedepan dapat berguna dan dimanfaatkan warga untuk kelengkapan mereka bertugas jaga pos kamling yang membantu dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya,” terang Brigadir Wahyu.
Tak jarang, lanjut Wahyu, dirinya kerap mengingatkan kepada warga khususnya di wilayah tempatnya bertugas itu untuk selalu waspada dan meningkatkan keamanan lingkungan serta tetap menjaga kekompakan antara warga. “Selain untuk mengecek kesiapan petugas pos kamling. Saya juga kadang menyampaikan pesan-pesan kamtibmas di antaranya untuk selalu waspada saat berjaga dan antisipasi terorisme,” tukasnya.
Laporan : Doni
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article