Tingkatkan Akses Layanan Air Bersih, Pemlab PALI Bantu 60 Unit Pamsimas

66

Sumateranews.co.id, PALI- Mengacu pada Peraturan Presiden Perpres Nomor 185 tahun 2014 tentang percepatan penyediaan air minum dan sanitasi (Pamsimas), maka Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir tahun 2017-2019 memberikan bantuan Pamsimas  sebanyak 60 unit Pamsimas di desa dan kecamatan yang ada di PALI.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah pedesaan dan pinggiran kota yang berbasis masyarakat. Sehingga, ada perubahan pola perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat melalui pembangunan spam dan sanitasi.

Bantuan 60 unit pamsimas tersebut terletak di kecamatan dan pedesaan. Tercatat bantuan di tahun 2017 di antaranya Desa Benakat Minyak, Beruge Darat, Curup, Gunung Menang, Harapan Jaya, Kota Baru, Lunas Jaya, Modong, Purun Timur, Sedupi, Semangus, Suka Damai, Suka Raja, Sungai Baung, dan Sungai Ibul.

Tahun 2018 Desa Benuang, Betung, Betung Barat, Betung Selatan, Gunung Raja, Kerta Dewa, Mangku Negara, Pandan, Panta Dewa, Pengabuan, Pengabuan Timur, Prambatan, Raja Jaya, Simpang Tais, Suka Maju, Talang Bulang, Tanjung Baru, dan Desa Tanjung Dalam.

Tahun 2019 Desa Air Itam, Air Itam Timur, Babat, Bumi Ayu, Karang Tanding, Lubuk Tampui, Mangku Negara Timur, Muara Sungai, Prabumenang, Purun, Raja Barat, Talang Akar, Tanah Abang Jaya, Tanah Abang Utara, Tempirai, dan Tempirai Selatan.

Juga ada 11 desa lagi yang mendapatkan Pansimas dari Kabupaten Muara Enim. Yakni Desa Sinar Dewa, Tanding Marga, Raja, Muara Dua, Suka Manis, Spantan Jaya, Sungai Langan, Muara Ikan, Sukarami, Tambak, dan Suka Raja.

Bupati PALI Ir. H. Heri Amalindo MM mengatakan bahwa pembagunan Pamsimas ini selaras dengan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia seperti program Indonesia Sehat pada  Nawacita ke-5.

“Tentu ini tak lain untuk masyarakat dalam hal meningkatkan taraf hidup manusia yang baik dan sehat,’’ ujar Bupati Heri Amalindo beberapa waktu lalu.

Pembangunan sarana ini akan terus dilakukan sesuai desa mana dan kecamatan mana yang membutuhkan. ‘’Namun setelah dibangunkan ini kami berharap semoga masyarakat dapat menggunakan dan menjaganya dengan baik,” tegas Bupati di sela-sela perbincangannya bersama awak media.

Laporan          : Anelka

Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here