Tinggalkan Papua, Tonni Terpanggil Bangun Sumsel di Pemilu 2019

0
2214

Sumateranews.co.id, LAHAT- Menjelang masa kampanye pada akhir September 2018 ini, banyak calon anggota legislatif yang mulai melakukan sosialisasi. Khusus untuk pemilihan legislatif DPR-RI daerah pemilihan Sumsel 2 yang meliputi Kabupaten OKU, OKUS, OKUT, Muara Enim, Prabumulih, Lahat, Pagaralam, OKI, OI, kabupaten Empat Lawang, dan Kabupaten PALI ada satu sosok yang menarik perhatian sebagian besar warga Sumatera Selatan yaitu sosok Tonni Syamsuddin.

Tonni Syamsuddin maju sebagai caleg DPR-RI melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan nomor urut 1. Beberapa program prioritas Tonni jika terpilih sebagai anggota DPR-RI adalah memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan di Sumatera Selatan, perbaikan pelayanan kesehatan bagi warga dan juga perbaikan ekonomi yang tepat sasaran bagi warga Sumsel yang antara lain memperjuangkan peningkatan dan penyediaan lapangan pekerjaan diberbagai bidang termasuk bidang energi dan sumber daya alam serta stabilisasi harga komoditi pertanian dan perkebunan di Sumsel.

Tonni merupakan ayah dari 2 orang anak dan suami dari drg. Detty Ully Tirana, sehari-harinya merupakan seorang karyawam di PT. Freeport Indonesia di Papua. Dia juga merintis beberapa usaha.
Tonni dilahirkan dan dibesarkan di Baturaja, Ogan Komering Ulu merupakan putra pertama dari Arifin Syamsuddin (alm) yang berasal dari Tanjung Baru, OKI. Sedangkan ibunya adalah Sri Ridhawati Senaboe yang berasal dari Desa Pandan Arang Ulu, Lahat. Sejak kecil, Tonni dididik oleh orang tuanya untuk disiplin, kerja keras dan suka membantu siapa pun. Dalam pergaulan sehari-hari Tonni dikenal sebagai sosok yang rendah hati, supel dan memiliki jiwa sosial yang tinggi dan bergaul dengan semua kalangan tanpa memandang latar belakang dari teman-temannya.

Didikan kedua orang tuanya telah membuat Tonni memiliki jiwa yang tangguh dan disiplin. Berkat kerja kerasnya Tonni berhasil lulus sebagai lulusan terbaik pada jurusan Teknik Pertambangan, Universitas Trisakti pada September 2003.

Pada awal 2004 Tonni, diterima sebagai karyawan PT. Freeport Indonesia dan pernah ditugaskan di berbagai posisi baik itu di dalam dan di luar negeri. Tonni juga pernah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan tugas belajar pada jenjang S-2 di University of New South Wales, Sydney.
Sekembalinya dari tugas belajar di Australia, Tonni ditugaskan ke Amerika Serikat selama 2 tahun sejak 2014-2016.

Prihatin dengan kondisi perpolitikan di Indonesia akhirnya Tonni mengikuti seleksi bacaleg di Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan berhasil dipercaya oleh ketua umum ibu Grace Natalie dan sekjen PSI Raja Juli Antoni untuk berjuang demi Indonesia yang lebih baik sebagai caleg DPR-RI dari daerah pemilihan Sumsel 2 dengan nomor urut 1.

Laporan          : Idham/Novita
Editor/Posting : Imam Ghazali