Tindakan Emergensi, UPTD Puskesmas Warkuk Ranau Selatan Rujuk ke RSU Liwa

227

Sumateranews.co.id, OKUS- Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat oleh UPTD Puskesmas Warkuk Ranau Selatan terhadap warga yang membutuhkan tindakan medis emergensi selama adalah dirujuk ke RSU Alimudin Umar Liwa lampung barat. Hal ini lantaran UPTD Puskesmas Warkuk Ranau Selatan dan RSU Liwa selama ini telah melakukan MoU terhadap upaya pengobatan dan tindakan medis yang bersifat emergensi.

Rafuni, SKM Kepala UPTD Puskesmas Warkuk Ranau Selatan mengatakan tindakan medis yang perlu penanganan khusus dan emergensi tindakan lanjutan di rujuk di RSU Alimudin Umar Liwa. “Namun tindakan tidak semua dirujuk. Pasien kami berikan tindakan medis oleh perawat dan dokter kami jika memang alkes dan penanganan tidak bisa di upayakan lagi kami rujuk,’’ katanya, Jumat (18/10).

Dalam surat rujukan, lanjut Rafuni, pasien telah melewati tahapan dan data rekam medis pasien bersangkutan. Sehingga pada saat pasien butuh perawatan emergensi rekam medis selanjutnya kita kirim lewat online. “Jadi pihak RSU tahu jika pasien yang bersangkutan telah melalui perawatan kita di UPTD Puskesmas dan akan mereka terima. Sebaliknya pasien yang tidak melewati tahapan itu yang biasanya mendapat penolakan pihak RSU. Khusus pasien pengguna fasilitas berobat BPJS. Biasanya mereka disuruh pulang membereskan kelengkapan administrasi terlebih dahulu,” cetus Rafuni.

Lebih lanjut dikatakan jika keberadaan UPTD Puskesmas Warkuk Ranau Selatan saat ini memiliki tenaga medis doter umum dua dan dokter gigi satu, selebihnya para bidan dan piket serta perawat. Merekalah yang setiap saat melayani masyarakat dalam apapun tindakan berobat yang perlu diberikan terhadap pasien.

Namun dirinya sangat berharap ada penambahan Alkes dan penambahan tenaga medis Dokter agar penanganan terhadap pasien lebih baik dan lengkap, karena aktivitas di sini terhitung padat jika dikalkulasi rata rata tiga puluh pasien setiap hari yang kami harus dilayani.

Laporan          : Asmidan
Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here