Tindakan Aipda Susarto Dapat Apresiasi Warga dan Atasan

6185

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU-  Tidak kenal lelah dalam bertarung di jalan raya, sosok Polantas satu ini cukup dikenal humanis di Kota Lubuklinggau.

Ia adalah Aipda Susarto, Anggota Sat Lantas Polres Lubuklinggau yang kesehariaannya, mengisi Pos Polantas Simpang RCA dan bertugas sebagai Polisi Lalu Lintas (Polantas) pada Unit Turjawali yang bertugas melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli lalu lintas.

Kalau pada pengamanan Ops Ketupat lalu, ia tertangkap kamera warga sedang mengatur arus mudik di saat hujan lebat di depan pusat perbelanjaan JM Store Lubuklinggau. Kali ini Aipda Susarto (16 Juli 2019), tertangkap kamera kembali di Jalan Yos Sudarso simpang tiga RCA sedang memberikan satu kotak nasi dengan pengguna jalan yaitu tukang becak yang sedang melintas di sekitar area tugasnya.

Aipda Susarto pria berasal dari Pulau Madura tepatnya di Kota Bangkalan ini, merupakan Polisi yang mengawali karirnya pada tahun 2001 sebagai Bintara Polri dan ditempatkan sejak awal di Polres Musi Rawas cikal bakal Polres Lubuklinggau sebelum pemekaran.

Berdasarkan wawancara media kepada Aipda Susarto, dia menyampaikan “Terima kasih atas perhatiaannya. Sudahlah Pak, itu sekedar sedekah wae (saja) tidak usah di viral-viralkan.”

Namun berdasarkan konfirmasi Media kepada atasannya Kasat Lantas Polres Lubuklinggau AKP Imanuhadi, SIK didampingi Kanit Laka Ipda Jemmy Gumayel, SH menjelaskan bahwa Aipda Susarto merupakan anggota yang loyal terhadap pekerjaannya.

“Kalo Pak Sarto, sering man of the match istilah internal kami (Sat Lantas) untuk penegakan hukum dengan tilang. Selain kinerja, kemanusian dan sosial yang tinggi. Aipda Susarto berdasarkan anev penggunaan blangko Tilang sering juara 1 sebagai Penilang terbanyak. Hal ini menunjukkan integritasnya terhadap penegakan hukum, tidak neko-neko terhadap Pelanggar.”

Ditambahkan Kasat, “dalam bekerja Aipda Sarto tidak pernah menolak perintah, kemarin seingat saya pernah bantu warga kebakaran, lalu memberi makan pengemis, anak jalanan di jalan raya, terus aksi pengaturan lalu lintas saat hujan deras, waktu mudik kemarin. Kali ini saya mendapat laporan dianya memberi makan kepada tukang becak, kalo gak salah makanan itu seharusnya jatahnya dari panitia balap sepeda untuk Pak Sarto saat tugas pengamanan kejuaraan pra PON.”

Dilanjutkan Kasat Lantas, mewakili Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono, SIK, MH mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Aipda Susarto. Hal ini selaras dengan arahan Kapolres untuk menumbuhkan sikap-sikap humanis di tengah masyarakat. ‘’Harapan kami, hal ini dapat menjadi contoh bagi kita semua,’’ tandasnya.

 

Laporan          : Shandy April

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here