Tim Tantura Ringkus Pelaku Pungli

0
120

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Tim Bhayangkara Tantura Polres Prabumulih kembali meringkus satu orang pemuda diduga melakukan Pungutan Liar (Pungli) terhadap supir truk angkutan yang melintasi kawasan Jalan Lingkar tepatnya di Simpang Lima Bakaran Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan, kemarin (2/8) petang sekitar pukul 17.00 WIB.

Pelakunya, Dodi Armansyah (18) warga Jalan Basuki Rahmat Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan. Tak hanya itu, petugas pun berhasil menyita uang hasil punglinya dengan pecahan dua ribu sebesar Rp 10 ribu. Kini, Dodi berikut barang buktinya itu dibawa dan diamankan petugas ke Mapolres Prabumulih guna diproses hukum lebih lanjut.

Informasi yang dihimpun penangkapan kembali pelaku pungli kendaraan angkutan tersebut berawal ketika patroli rutin dilakukan Tim Bhayangkara Tantura Polres Prabumulih di wilayah kawasan Jalan Lingkar Timur Kota Prabumulih. Lalu, di saat petugas polisi menuju arah lokasi TKP tepat di Simpang Lima, Sukaraja itu mereka melihat seorang pemuda berdiri di tengah median jalan di saat kendaraan angkutan tersebut dari arah Cambai menuju Muara Enim melintas.

Melihat aksi pemuda yang tak lain pelaku Dodi Armansyah itu, tim pun bergerak cepat mendekati si pelaku pungli itu. Nah, sesaat setelah menerima uang dari supir angkutan tersebut, Dodi sempat kaget saat beberapa orang berpakaian lengkap itu adalah polisi terus menghampiri dirinya.

Tak pelak, Dodi pun tidak dapat berkutik Lalu Dodi dibawa ke Mapolres Prabumulih Timur guna diproses hukum lebih lanjut.

Pelaku Dodi ketika diintrogasi petugas mengakui segala perbuatannya tersebut lantaran tak memiliki pekerjaan tetap alias pengangguran. Menurutnya, dugaan pungli itu dilakukannya tidak dengan meminta paksa uang terhadap para supir kendaraan angkutan yang melintas di kawasan TKP itu. “Katek lagi gawe Pak dan jugo mobil lewat jugo idak makso minta dengan supir-supir itu,” sebut Dodi di hadapan petugas saat di Mapolres, kemarin.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Andi Supriadi SH SIk MH dikonfirmasi juga membenarkan adanya satu pelaku pungli yang diamankan oleh pihaknya tersebut.

“Pelaku dan barang buktinya sudah diamankan. Dan sementara pelaku sendiri masih menjalani pemeriksaan oleh petugas penyidik di ruang reskrim Polres,” tandasnya seraya mengatakan pelaku dapat dikenakan ke dalam Pasal 368 ayat 1 KUHPidana tentang tindak pidana pemerasan.
Laporan : Fadli
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article