Tim Surveyor Nilai Puskesmas Mekar Sari

0
723

Sumateranews.co.id, INDRALAYA – Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI masing-masing Muhammad Roem, SKM, MKM (surveyor Administrasi dan Manajemen), Abdul Kadar, SKM, M. Kes (surveyor Usaha Kesehatan Perorangan), dr H. Yanuardi Yazid, M. Si, (surveyor Usaha Kesehatan Masyarakat) meninjau langsung ke Puskesmas Mekar Sari Kecamatan Rantau Alai Kamis (14/9).
Mereka disambut Kadinkes OI yang diwakili H. Muclusin MSi dan Tim Pendamping akreditasinya, Camat Drs.Edi Rahmat, M.Si,
tokoh masyarakat, A. Yadi SH (juga Ketua Komisi l DPRD Kabupaten Ogan Ilir ) seluruh lintas sektoral kecamatan, kepala desa se-Kecamatan Rantau Alai dan Ketua TP PKK desa, dan seluruh KUPTD Puskesmas Kabupaten Ogan Ilir.

Kepala UPTD Puskesmas Mekar Sari Hj. Nelly Anggia Murni SKM mengatakan bahwa untuk menjadi Puskesmas yang berakreditasi harus bisa memenuhi Standar Admin, Standar Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).
“Dengan komitmen Puskesmas Mekar Sari Kecamatan Rantau Alai dan Lintas Sektoralnya untuk Akreditasi Tahun 2017, ditetapkan oleh Dinkes Ogan Ilir sebagai salah satu puskesmas yang ikut penilaian, selain puskesmas Tanjung Raja dan Payaraman,’’ ujarnya.

Walaupun sekarang Puskesmas Mekar Sari tergolong puskesmas pedesaan nonrawat inap namun terus berupaya akan meningkatkan ke mutu pelayanan yang standar untuk puskesmas rawat inap.
‘’Dukungan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah terutama Bupati dan Kadinkes OI yang telah peduli dengan seluruh puskesmas untuk segera meningkatkan mutu pelayanan ini,’’ tegas Nelly.

Tim tersebut akan melakukan kegiatan selama tiga hari mulai 14 s.d 17 September 2017 mengukur tingkat kesesuaian terhadap standar akreditasi Puskesmas Mekar Sari.
Dalam acara tersebut Tim Surveyor mendengarkan presentasi Kepala Puskesmas Mekar Sari Nelly Anggia Murni, SKM serta meninjau tiap-tiap ruangan hingga toilet.
Adapun manfaat kreditasi adalah memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat dan menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi pasien dan masyarakat.
Laporan : H. Sanditya Lubis
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre