Tim Satgas Karhutla Amankan 4 Pelaku Pembakar Lahan di Jejawi, OKI

44
PASANG GARIS POLISI: Sejumlah petugas Tim Satgas bersama personel Kepolisian saat memasang garis polisi di aeral lahan bekas terbakar. Bahkan bersama sejumlah personel Kepolisian juga memasang plang, bahwa areal tersebut dalam pengawasan dan penyelidikan petugas.

Tim Terus Berjuang Padamkan Api

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Tim Satgas Karhutla telah berhasil menangkap 4 orang pelaku pembakar lahan di wilayah Desa Jejawi, Kabupaten OKI. Keempat tersangka yang identitasnya belum diketahui, kini telah diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

Selain mengamankan para pelaku, Tim Satgas juga memasang garis polisi di bekas kebakaran lahan. Bahkan bersama sejumlah personel Kepolisian juga memasang plang, bahwa areal tersebut dalam pengawasan dan penyelidikan petugas.

Penangkapan terhadap keempat pelaku dilakukan, setelah sebelumnya Tim Satgas melakukan penyelidikan. Alhasil, dari dugaan sementara lahan sengaja dibakar. Diduga ada pihak yang sengaja membakar lahan untuk menghemat biaya dalam membuka kebun.

Sementara dari pantauan hingga Selasa malam (13/8/2019), Satgas Gabungan Karhutla Sumsel terus berjuang memadamkan api yang membakar puluhan hektar lahan gambut di beberapa wilayah Provinsi Sumateta Selatan (Sumsel).

Tak hanya itu, sebanyak 4 buah helikopter Water Bombing milik BNPB pun dikerahkan guna membantu puluhan Satgas Darat Karhutla, baik dari TNI, Polri, dan Manggala Agni, BPBD, MPA serta dibantu masyarakat memadamkan api yang membakar lahan.

Dari data yang diterima di lapangan, setidaknya terdapat puluhan titik api yang tersebar di wilayah Sumsel, antara lain; untuk di Kab. Ogan Ilir terdapat dua titik api yang membakar lahan masing-masing berada di Desa Palu dan Desa Muara Baru Kec. Pemulutan, lahan yang terbakar lebih kurang 7 Ha. Di wilayah Kab. OKI, terdapat di Desa Sei. Bungin, Kec. Pangkalan Lampam, lahan terbakar 1 Ha dan di Desa Penyandingan, Kec. Tulung Selapan lebih kurang 2 Ha.

Selanjutnya, di wilayah Kab. Muba, beberapa titik api terdapat di Babat Toman, Sanga Desa dan Bayung Lincir. Kemudian di wilayah Kab. Muara Enim titik api berada di Desa Suka Merindu, Kec. Sei. Rotan. Sedangkan titik api juga ditemukan berada di Desa Sri Agung, lahan yang terbakar kurang lebih 0,25 Ha.

Meski kebakaran lahan yang sebagian besar terjadi di Ogan Ilir (OI), OKI, Muara Enim, Muba dan Banyuasin dapat dipadamkan, namun petugas masih tetap bersiaga di lokasi karena masih ada kepulan asap kecil yang timbul di beberapa titik. Selain upaya pemadaman, Tim Satgas juga terus melakukan pendinginan dibekas lokasi terbakar agar bara api di dasar gambut tak berkobar lagi.

Sumber : Pendam II/Swj

Editor   : Donni

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here