HeadlineOKI

Tiga Rumah di Desa Batu Ampar Baru Hangus, Kerugian Capai Ratusan Juta

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Musibah kebakaran terjadi di Dusun 2 Desa Batu Ampar Baru Kecamatan Sirah Pulau Padang, kejadian tersebut terjadi sekira pukul 01.15 WIB Selasa (31/7/2018). Akibat kejadian tersebut tiga rumah warga hangus terbakar beserta isinya.

Tidak ada korban jiwa, peristiwa tersebut diduga karena konsleting listrik, dan korban kebakaran saat ini sangat memerlukan bantuan.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan Sumateranews.co.id kemarin di lapangan pasca kebakaran tersebut, pemilik rumah yang terbakar, Ritak (43) warga Dusun 2 Desa Batu Ampar Baru mengatakan api berasal dari rumah Helmi tetangganya.

‘’Entah apa sebabnya, tiba-tiba api cepat membesar dan menjalar ke rumah saya yang terletak di sebelah rumah Helmi. Kita cuma bisa pasrah, rumah, lemari, tempat tidur, alat-alat pertukangan, televisi, satu buah sepeda, emas 1 suku, pakaian termasuk pakaian sekolah anak dan perabotan rumah tangga lainnya ludes,” ujarnya.

Anak Ritak yang sekolah ada 2 orang, satu masih sekolah di SDN 1 Batu Ampar kelas 1 dan kelas 2 SMP 5 Kijang Ulu Kecamatan Kayuagung.

“Belum ada bantuan dari pemerintah, harapan kita ada bantuan karena hingga sore ini (Selasa) belum ada bantuan, kades dan camat semalam langsung datang melihat kejadian,’’ ujarnya.

Hal senada dikatakan oleh Helmi (53). Menurutnya api berasal rumahnya yang di belakang. “Kebakaran ini karena konsleting listrik dan api cepat menjalar, kejadiannya Selasa dini hari tadi sekira 01.15 WIB, saya panik dan keluar sembari minta tolong dengan tetangga, namun api cepat sekali menjalar, bahkan ikut menghanguskan rumah saya yang satunya dan rumah milik Ritak,” ujarnya.

Lanjutnya, adapun kerugian seperti rumah dua unit beserta perabotannya, kipas angin, televisi dan CD nya, pakaian dan juga dua buah motor merk Yamaha FU dan merk Yamaha Jupiter akibat mejadian ini kerugian ditaksir ratusan juta rupiah, juga emas 1 1/4 suku dan uang tunai 1 juta rupiah kiriman anak.

Camat Kecamatan SP Padang Herliansyah Hillaludin SSTP MSi membenarkan adanya kejadian ini, kebakaran tersebut menghanguskan tiga unit rumah, satu unit rumah permanent dan 2 unit rumah kayu milik warga di Desa Batu Ampar Baru Kecamatam SP Padang Kab. OKI ludes terbakar,

“Si jago merah mengamuk kurang lebih 30 menit, tidak ada korban jiwa”, terangnya.

Warga dan petugas pemadam kebakaran dibantu oleh jajaran Kodim 0402/OKI serta personil kepolisian Polres OKI berusaha mengamankan barang yang masih bisa diselamatkan. ‘’Untuk bantuan kita bantu semampu kita guna meringankan beban keluarga Helmi dan Ritak, kita juga sudah koordinasi dengan Kades Batu Ampar Baru, Dinas Sosial, dan pihak terkait lainnya,’’ ujar Camat.

Sementara itu Kades Batu Ampar Baru saat dikonfirmasi wartawan juga membenarkan adanya kejadian ini serta telah memberitahukan kejadian ini ke Dinas Sosial Kab. OKI, Camat juga telah diberitahu dan malam itu juga camat SP Padang langsung ke tempat kejadian. “Ya tidak ada korban jiwa, kerugian sekitar ratusan juta rupiah,’’ ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pol PP dan Damkar, Alexsander Bustomi SSTP mengatakan, setelah mendapat informasi dari masyarakat dan Camat SP Padang, pihaknya langsung turun ke lapangan untuk memadamkan api tersebut.

Dengan menerjunkan armada, 2 mobil Damkar lengkap dengan personilnya. “Api dapat kita padamkan setelah kejadian. Namun api sudah menghanguskan tiga unit rumah milik korban. Anggota kita datang 15 menit setelah dapat laporan dan api dapat dipadamkan dengan dibantu oleh anggota TNI, Polri, dan warga setempat,” jelasnya.

Dari pautauan di lapangan, bantuan untuk sementara dikumpulkan warga melalui sumbangan di jalan. Dan ada tiga rumah yang terbakar, 1 rumah milik Ritak dan 2 rumah miik Helmi warga Batu Ampar Baru.

Laporan          : Aliaman
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button