Terungkap Sebelum Terjadi Aklamasi, Wako Ridho Yahya Sampaikan Ini di Konferkot PWI Prabumulih

0
278

PRABUMULIH – Konferensi Kota (Konferkot) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prabumulih periode 2021-2024 menjadi sejarah baru proses demokrasi pemilihan ketua PWI di tingkat kabupaten/kota di Sumsel, yang berlangsung tertib, cepat, dan penuh semangat kebersamaan.

Bahkan terungkap sebelum dimulainya sidang Konferkot PWI kota Prabumulih, Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM memberikan saran dan masukan agar pemilihan ketua PWI digelar dengan aklamasi atau tanpa pemilihan dengan harapan tidak terjadi permusuhan antar pendukung.

“Ya semestinya aklamasi saja kalau sudah mengantongi 60 persen mandat, buat apa ada persaingan, toh kita teman jugo,” jelas Ridho Yahya, usai membuka Konferkot yang diselenggarakan di gedung Kesenian Rumah Dinas Wali kota Prabumulih, Jalan Jenderal Sudirman km 6 Kelurahan Gunung Ibul Barat, Selasa (23/11/2021).

Sementara dari pantauan, mesti sebelumnya sempat diwarnai kritikan dan protes sebelum acara pemilihan. Kedua calon kandidat, Mulwadi dan Novlis Heriansyah, akhirnya sepakat memilih jalur musyawarah mencapai mufakat pada Konferkot yang dihadiri langsung oleh Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar bersama jajarannya, serta perwakilan Polres Prabumulih, ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Prabumulih, Ketua KNPI Prabumulih, Ketua Karang Taruna Kota Prabumulih, dan beberapa ormas serta tamu undangan lainnya.

Dalam musyawarah yang dipimpin Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumsel, Anwar Rasuan menyatakan, calon incumbent, Mulwadi kembali terpilih secara aklamasi, usai calon lainnya, Novlis Heriansyah menyatakan secara lapang dada mengundurkan diri.

Dalam sambutannya, Novlis Heriansyah menegaskan secara resmi mencabut dan mengundurkan diri dari pencalonan ketua PWI Kota Prabumulih demi menjaga kekompakan. Namun demikian, dirinya tetap memberikan masukan kepada panitia penyelenggara Konferkot PWI Prabumulih untuk tetap menjaga netralitas.

“Pengunduran diri saya dari pencalonan ini bukan adanya pengaruh dari manapun, tidak menutup kemungkinan bisa mencalonkan diri, namun pesan saya tetap jaga kekompakan dan netralitas panita,” harapnya

Ditempat yang sama, ketua terpilih Mulwadi atau yang akrab disapa Kemong ini sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan Novlis, yang dengan berbesar hati memberikan kesempatan kedua untuk Kemong memimpin PWI Prabumulih 3 tahun kedepan.

“Saya bangga dengan beliau (Novlis) dengan besar hati memberikan kesempatan kepada saya untuk kedua kalinya untuk menahkodai PWI kota Prabumulih periode 2021-2024,” tuturnya. (King)

Editor : Donni