Tertangkap Tangan Beli Sabu, Jukir Divonis 16 Bulan   

0
249

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Lantaran tertangkap tangan beli sabu-sabu, seorang juru parkir (jukir) yakni Sahala Samosir (37) tercatat sebagai warga Jalan Komering Raya No.436 Rt.37 Rw.01 Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang Palembang. Akhirnya hanya bisa pasrah setelah dijatuhi hakim hukuman 16 bulan penjara (1 tahun dan 4 bulan).

Dalam amar putusannya Majelis Hakim yang di Ketuai Yosdi SH menyatakan, terdakwa Sahala Samosir yang didampingi penasehat hukumnya Roby Septiyan SH, telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana menyalahgunakan narkotika sebagaimana melanggar Pasal 127 ayat (1) Huruf a UU RI No.35 Tahun 2009.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Sahala Samosir dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 4 bulan  tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara, dengan perintah terdakwa tetap ditahan, ”tegas hakim mengakhiri sidang di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Palembang, Kamis (10/8/2017).

Vonis yang dijatuhkan hakim tersebut lebih ringan 8 bulan dibanding tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Isnaini SH, dimana sebelumnya JPU menuntut terdakwa hukuman 2 (dua) tahun penjara. Karena JPU berpendapat terdakwa Sahala Samosir secara tanpa hak menyalahgunakan narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman bagi diri sendiri, sebagaimana dalam dakwaan Ketiga Pasal 127 ayat (1) Huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Untuk diketahui, peristiwa penangkapan terjadi pada hari Selasa tanggal 09 Mei 2017 sekitar pukul 23.46 Wib, bermula anggota polisi Polsek IT II Palembang, melakukan patroli dengan menggunakan sepeda motor, sampai di Jalan Slamet Riady depan Lorong Kemas I Kelurahan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, kemudian polisi melihat terdakwa Sahala Samosir bersama dengan temannya Rico Yudha Putra dengan gelagat yang mencurigakan petugas kemudian menghentikan motor yang dikendarai terdakwa bersama temannya.

Pada saat diberhentikan tiba-tiba dari tangan terdakwa membuang 1 bungkus narkotika jenis sabu-sabu seberat 0,039 gram, setelah ditanyakan kepada terdakwa dari mana barang haram tersebut, namun terdakwa tidak kenal dengan penjualnya dari lorong kecil dekat jembatan Gledek Kelurahan  9 Ilir Palembang  yang terdakwa beli dengan harga Rp.110.000. Kemudian tersangka dan barang bukti dibawa ke Polsek IT II Palembang untuk diproses lebih lanjut, hingga akhirnya terdakwa diseret kemeja hijau.

 

 

Laporan : SU

Editor     : Syarif

 

 

 

 

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article