Terpergok Bongkar Dua Ruko, Kawanan Maling dan Polisi Saling Tembak

141

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Aksi nekat kawanan pencuri (maling, red) saat ini kian berani dan meresahkan warga. Tak hanya piawai saat melancarkan aksinya, kawanan pelaku pencuri ini juga tergolong nekat dan tak segan melukai warga dan petugas kepolisian.

Seperti yang terjadi, pada Senin (12/03/2018) dini hari , sekitar pukul 03.00 Wib kemarin. Dua lokasi ruko (rumah toko, red) yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul dan Kelurahan Muaradua, menjadi sasaran aksi pencurian. Dalam aksinya, kawanan ini tak hanya berhasil menggondol sejumlah barang berharga pemilik ruko. Namun juga sempat menyerang dan baku tembak dengan petugas buser yang memergoki aksi pencurian tersebut.

Beruntung dalam kejadian itu, tidak ada menimbulkan korban jiwa. Namun sejumlah barang dagangan milik Toko Eiger di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul, yakni baju, tas, sepatu dan barang lainnya, serta satu unit handphone service milik toko Service Centre produk handphone Oppo di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Muaradua Kecamatan Prabumulih Timur, berhasil dibawa kabur para pelaku.

Berdasarkan keterangan di lapangan, ulah kawanan pelaku spesialis pembobol ruko ini terpergok ketika sejumlah petugas Buser Polres Prabumulih tengah melakukan patrol di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman kota Prabumulih. Tanpa sengaja, saat itu petugas melihat sebuah mobil minibus tengah terparkir didepan pintu toko. Merasa curiga dengan gerak gerik pelaku, anggota buser yang hanya patroli seorang diri mencoba menghubungi pemilik ruko. Namun, sayangnya pemilik ruko tengah berada di luar kota.

Petugas kemudian usai menerima laporan langsung meminta bantuan warga sekitar untuk mengepung para pelaku. Namun usaha petugas dan warga untuk mengepung para pelaku kecolongan, karena pelaku usai berhasil mengambil sejumlah barang langsung memilih kabur.

Melihat kedatangan petugas para pelaku langsung tancap gas kabur melarikan diri. Anggota buser sempat melepaskan tembakan untuk memberi peringatan kepada para pelaku. Namun, salah satu dari pelaku membalas tembakan petugas.

Bak filem laga, aksi tembak menembak antara petugas pun terjadi saat petugas berusaha menggagalkan aksi pelaku perampokan tersebut. Namun, pelaku kembali berhasil kabur melarikan diri ke arah Pasar Prabumulih.

“Pelaku masuk dengan cara merusak pintu rolling door dan memecahkan pintu kaca toko,” ujar Samsul yang merupakan keluarga pemilik Toko Eiger.

Hal senada juga diungkapkan oleh Widya, petugas toko Service Centre Oppo. Dirinya mendapat laporan jika toko tempat ia bekerja dibobol pelaku pencurian.

“Pelaku mengambil satu unit HP milik pelanggan yang sedang diservice. Untungnya pelaku tidak sempat mengambil peralatan komputer dan alat service. Karena aksi mereka langsung diketahui petugas,” terangnya.

 

Sementara itu, Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Reskrim AKP Eryadi Yuswanto SH saat dikonfirmasi terkait kasus perampokan itu mengaku jika kasus tersebut saat ini tengah diselidiki petugas.

 

“Anggota sedang melakukan olah TKP, kasus ini sudah dilaporkan korban ke Mapolres,” urainya singkat.

Laporan : Donny

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here