Terlibat Penipuan Cek Kosong Ratusan Juta Rupiah, Mantan Ketua PAC Partai Hanura Ditangkap

0
248

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Setelah sempat menghilang dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) pihak Kepolisian resort (Polres) Prabumulih, akhirnya W (32) yang merupakan mantan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) wilayah Kecamatan Prabumulih Utara, Jumat siang (21/07) berhasil ditangkap polisi.
Pelaku diamankan petugas gabungan Reskrim Polres Prabumulih dan Polsek Prabumulih Timur, saat sedang nongkrong di kawasan pinggir Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di sekitar SD Negeri 12 Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat. Pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan korban Hj Hidayati (63) warga Jalan Pandawa Kelurahan Cambai Kecamatan Cambai dengan nomor LP/B-151/V/2016/Sumsel/Polres Prabumulih, pada 16 Mei 2016 kemarin.
Dalam laporan itu, pelaku telah melakukan dugaan penipuan dengan memberikan korban cek kosong (blank cheque) senilai Rp147 Juta. Kasus dugaan penipuan cek kosong dilakukan W tahun 2014 silam, tepatnya Selasa (6/5) sekitar pukul 09.00 WIB. Penipuan berawal, ketika korban sedang berada di salah satu Kantor Pengadaian yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Prabumulih Timur dan bertemu dengan pelaku.
Ketika itu, pelaku W meminjam uang kepada Hj Hidayati dengan uang senilai Rp174 juta. Dengan perjanjian pelaku akan mengembalikannya secara berangsur (dicicil, red). Namun ketika ditagih, pelaku terlihat berusaha menghindar dan membayar dengan menggunakan sebuah cek Bank Mandiri sebesar Rp47 juta.
Akan tetapi ketika hendak dicairkan ternyata cek itu kosong, sehingga akhirnya keluarga korban memilih melaporkannya ke polisi.
“Dia ini (pelaku, red) sudah berapa kali kami berusaha secara kekeluargaan tapi selalu memang dari dia tidak ada niat baik untuk mengembalikan uang ibu saya. Sampai kami pun akhirnya memutuskan untuk membawa persoalan ini ke polisi,” ujar Rifky sembari mengaku sudah lama pihaknya menunggu pelaku dan segera ditahan polisi ketika berada di Mapolres, kemarin siang.
Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Reskrim, AKP Eryadi Yuswanto SH MH membenarkan penangkapan terhadap W.
“Iya jadi petugas berhasil mengamankan pelaku W ini saat ia sedang duduk di depan salah satu sekolah SD di wilayah Patih Galung dan tanpa perlawanan lalu pelaku langsung dibawa ke Mapolres,” terang AKP Eryadi.
Ia pun menegaskan atas perbuatan yang dilaporkan korbannya tersebut, W terancam hukuman pidana sebagaiman dalam Pasal 372 tentang penggelapan dan atau Pasal 378 KUHPidana  tentang penipuan. “Pelaku sementara ini masih menjalani pemeriksaan petugas kita, dan pelaku dapat dikenakan dengan ancaman hukuman pidana selama 7 tahun penjara,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua DPC Patai Hanura Prabumulih, Khamirul melalui Sekretaris, Hendri Gunawan ketika langsung dikonfirmasi terkait jabatan pelaku yang pernah menjadi Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) wilayah Kecamatan Prabumulih Utara tersebut membenarkan. “Iya memang itu dulu, tapi untuk sekarang sudah tidak lagi,” jelas Hendri.
Menurut dia, sejak Muscab DPC Hanura di aula Hotel Grand Nikita, pada Jumat (17/06) yang lalu, W sudah menyatakan dirinya sendiri untuk mengundurkan dirinya dari kepengurusan Partai Hanura. “Betul sejak terpilihnya kepengurusan baru dipimpin pak Khamirul sudah tidak lagi tapi hanya kader. Untuk status kader sendiri mengingat aturan partai yang terlibat masalah narkoba dan pidana akan dicopot maka akan segera kami proses,” pungkasnya.
Laporan : Fadli
Editor : Donny
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article