Terlibat Pencurian Kabel Pertamina, Tukang Ojek Ditangkap Polisi

0
374

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Diduga terlibat aksi pencurian kabel PVC milik PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, seorang tukang ojek yang kerap mangkal di sekitar wilayah Majasari diciduk petugas gabungan Tim khusus (timsus) Pertamina dan personel Unit Reskrim Polsek Prabumulih Timur. Pelaku bernama Alamsyah (45) ini ditangkap saat sedang tertidur lelap di dalam kamar rumahnya di Jalan Talang Jimar RT 01 RW 01 Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan, pada Kamis dini hari (24/08) sekitar pukul 00.30 WIB.

Selain menangkap pelaku, petugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa pipa sebanyak empat potong kabel PVC warna hitam sepanjang 12 meter berikut tiga buah gergaji besi yang diduga digunakan pelaku sebagai alat untuk memotong kabel-kabel tersebut. Pelaku bersama rekannyaberinisial IV (DPO) mencuri kabel milik Pertamina dengan cara memotong di lokasi Yard KM 1 rak pipaKelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan.

Informasi yang diterima, penangkapan terhadap pelaku tukang ojek tersebut bermula dari laporan pihak perusahaan PT Pertamina EP Asset 2 ke Polsek Prabumulih Timur, pada Rabu (23/8) lalu sekitar pukul 19.00 WIB. Dalam laporan bernomor LP/B/140/VIII/2017/Sumsel/PBM/Polsek Prabumulih Timur itu, diketahui jika di lokasi Yard KM 1 rak pipa tersebut, pihak perusahaan sudah kehilangan kabel PVC dengan cara dipotong. Diduga para pelaku beraksi, saat petugas security perusahaan sedang melakukan patroli rutin bersama dengan BKO Polres Prabumulih di lokasi area tersebut. Namun sial, aksi keduanya sempat terpergok
petugas gabungan. Sehingga ketika akan dilakukan penangkapan keduanya langsung melarikan diri dengan cara memanjat pagar dan berlari ke semak belukar di sekitar tempat kejadian itu.Akibat kejadian itu, PT Pertamina selain mengalami kerugian mencapai Rp10 juta juga membuat kinerja pihak perusahaan menjadi sedikit terhambat. Kasus pencurian kabel ini, selanjutnya langsung dilaporkan ke Polsek Prabumulih Timur.

Mendapat laporan itu, tim dari Unit Reskrim Polsek Prabumulih Timur pun kemudian berkoordinasi dengan timsus PT Pertamina untuk melakukan pengejaran terhadap kedua pria yang identitasnya sudah diketahui oleh petugas yang dicurigai sebagai pelakunya itu. Sehingga, setelah melakukan serangkaian penyelidikan petugas mendapatkan informasi tentang keberadaan salah satu pelakunya yang tak lainn Alamsyah.
Tanpa membuang waktunya lagi, sekitar pukul 00.30 WIB petugas langsung melakukan penyergapan yang saat itu diketahui pelaku sedang berada di rumahnya. Alhasil, Alamsyah tak dapat berkutik lagi saat ditemukan barang buktinya empat potong kabel milik pihak korban tersebut di belakang rumahnya tanpa melakukan perlawanan kepada polisi.
Saat introgasi awal petugas dilakukan, Alamsyah mengaku melakukan aksi pencurian tersebut bersama dengan satu pelaku lain diketahui berinisial IV (DPO) di lokasi Yard KM 1 tersebut. Menurut pelaku, mereka beraksi mencuri itu dengan cara memanjat pagar dinding pembatas rak pipa kemudian pelaku memotong kabel jenis PVC warna hitam milik PT Pertamina.

“Iyo pak kabel itu kami potong kiro-kiro sepanjang 12 meter dan kemudian kami bawa kabel itu ke luar lokasi. Tapi sempat diketahui oleh petugas yang sedang jago malam itu,” ungkap Alamsyah dihadapan petugas di Mapolsek Prabumulih Timur. Sementara itu, Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando SH saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. “Pelaku dan barang buktinya telah kita amankan di Polsek. Dan saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan petugas
penyidik kita,” terangnya. Lebih alnjut ditegaskan Kapolsek, jika perbuatan yang dilakukan pelaku tersebut merupakan perbuatan melawan hukum, sehingga pihaknya akan menjerat hukum terhadap pelaku dengan menggunakan Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. “Pelaku kita ancam pidana paling lama 7 tahun kurungan penjara. Sementara ini, pelaku lainnya inisial IV masih dalam pengejaran petugas kita,” tukasnya.

Laporan : Donni
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article