TERKENDALA JARINGAN, DUA SMK DI LAHAT HARUS GUNAKAN UNKP

0
105

Sumateranews.co.id, LAHAT – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK akan dilangsungkan tidak lama lagi. Namun persiapan demi persiapan sudah dimatangkan oleh masing-masing sekolah. Bahkan di Kabupaten Lahat sendiri, dari 11 SMK yang ada cuma 2 SMK yang tahun ini masih menggunakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), sedangkan yang lainnya menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal inilah yang dibenarkan langsung oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Lahat, Abdurrahman SPd kepada awak media, Senin (22/1).
“Untuk di Lahat sendiri hanya dua SMK yang akan menggunakan UNKP. Dimana, kedua SMK di Kabupaten Lahat tersebut yang akan melaksanakan UNKP yakni SMKN 1 Jarai dan SMKN 3 Lahat yang lokasinya berada di Kecamatan Tanjung Sakti,” katanya.

Dirinya mengatakan bahwa, kedua SMK di Kabupaten Lahat tersebut yang akan menggunakan sistem UNKP dikarenakan oleh beberapa kendala.

“Kemungkinan ada suatu kendala hal yang tidak bisa saya ketahui, mungkin kalian bisa minta konfirmasi langsung dengan kepala sekolah bersangkutan,” cetus Kepala SMKN 1 Lahat ini.

Tak hanya itu saja, lanjut Abdurrahman baik pelaksanaan UNBK maupun UNKP tentunya pengawasan maupun soal masih sama, namun yang membedakannya adalah jika UNBK menggunakan komputer namun jika UNKP masih menggunakan kertas dan pensil sama seperti LJK.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Jarai, Drs Supawi MM mengatakan, sekolahnya dalam menghadapi UNBK di tahun ini masih menggunakan UNKP.

“Iya benar, sekolah kami ini masih menggunakan UNKP. Dikarenakan oleh beberap penyebab. Di antaranya yang paling utama sekali adalah masalah jaringan. Lalu masalah yang kedua sarana dan prasarana komputer masih minim. Karena itulah, kita berupaya ke depannya sekolah kami ini bisa melaksanakan ujian nasional dengan sistem UNBK, sebab beberapa hal kendala ini telah kita laporkan ke Provinsi,” tandasnya.

Laporan : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article