Terkait Trafo Meledak, Kinerja PLN Dipertanyakan

0
305

Sumateranews.co.id, LAHAT – Kinerja jajaran PLN Lahat kembali dipertanyakan warga Dusun IV Desa Indikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang, Lahat. Sebab saat trafo meledak sebagaimana diberitakan Senin (11/12) lalu, kemudian trafo pun diganti. Namun, trafo lagi-lagi meledak hingga dua kali.

Akibatnya warga pun ketakutan dan trauma. Sebab ledakan disertai api yang cukup besar itu tak hanya membuat merinding namun juga merusakkan alat-alat elektronik warga. Macam TV, kulkas, dan sebagainya.

“Warga sempat berjeritan saat melihat trapo yang baru dipasang oleh PLN Cabang Lahat, kembali meledak, sampai dua kali,” kata Agus (39) warga Dusun IV Desa Indikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang, Lahat, Selasa (12/11).

Menurutnya, penggantian trafo yang pertama diduga bekas. Sebab baru dipasang langsung meledak dan mengeluarkan percikan api yang cukup besar. Sehingga, warga yang rumahnya dekat dengan trafo berhamburan keluar serta berteriakan histeris.

“Kami juga bingung kalau trafo itu baru kok bisa meledak, sampai dua kali. Lalu, pihak PLN kembali mengganti lagi trafo yang baru. Kami mmepertanyakan kinerja PLN tersebut yang kurang profesional,’’ cetus Agus.

Pada berita awal sebelumnya, dimana janji Managar PLN Rayon II Cabang Lahat, Yudho untuk memperbaiki alat-alat elektronik yang rusak milik warga Dusun IV Desa Indikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang Lahat, hingga kini Rabu (13/12) belum juga terlaksana.

Menanggapi hal itu, Ketua YLKI Sanderson minta aga PLN lebih proaktif dalam memeriksa semua gardu-gardu yang ada. Tujuannya, supaya kejadian seperti ini tidak terulang lagi kedepannya. Ketika disinggung wartawan terkait kerusakan alat elektronik warga, ditambahkan Sanderson, kerusakan itu bukan disebabkan disambar petir, keadaan saat itu, tidak hujan dan tidak ada angin. ‘’Jadi pihak PLN harus bertanggung jawab atas kerusakan alat-alat elektronik warga Dusun IV Desa Indikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang, Lahat,’’ tandasnya.

Laporan             : Novita/Idham

Editor/Posting    : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article