Terkait Sengketa Kerja Tenaga Lokal dan TKA, Timpora Imigrasi Klas ll Non TPI Sidak PLTU Sumsel 1

53
Menindaklanjuti adanya perintah Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam Pengawasan Orang Asing di wilayah Kabupaten Muara Enim, Imigrasi Klas - ll Non TPI Kabupaten Muara Enim melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke PLTU Sumsel 1, di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim, Kamis (2/07).

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM – Menindaklanjuti adanya perintah Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam Pengawasan Orang Asing di wilayah Kabupaten Muara Enim, Imigrasi Klas – ll Non TPI Kabupaten Muara Enim melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke PLTU Sumsel 1, di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim.

Kepala Imigrasi Klas ll B Muara Enim Made Nur Hepi SH., M.AP bersama Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Imigrasi Klas ll Non TPI Machmudi mengatakan, pihaknya bersama Tim Pora Dinas Pemerintah Muara Enim melakukan Sidak langsung ke PLTU Sumsel-1. Tindakan dilakukan guna menindak lanjuti terkait sengketa kerja antara pekerja lokal dan tenaga asing di PLTU Sumsel 1, yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Ya kita melakukan inspeksi mendadak bersama dinas terkait yang tergabung dalam Tim Pora, yang sebelumnya sudah dibentuk oleh Plt. Bupati Muara Enim, karena sektornya Imigrasi Klas II Muara Enim. Lokasi sidak langsung ke perusahaan PLTU Sumsel-1 yang terletak di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, ” Ujarnya saat memberikan keterangan di kantor Imigrasi, Kamis (2/07/2020).

Dikatakanya lagi, bahwa pihaknya melakukan sidak bersama instansi terkait sesuai tupoksi masing-masing untuk tenaga kerja asing asal china.

“Adapun total 35 TKA asal China rata-rata merupakan tenaga ahli dalam perusahaan bukanlah tenaga kasar, sedangkan tenaga kerja lokal ada kurang lebih 100 orang bekerja di sana,” jelasnya.

Selain itu, dari hasil sidak, pihaknya juga menemukan adanya sejumlah TKA yang belum memutasi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang terdaftar di Imigrasi Klas ll Non TPI Muara Enim.

“Tadi ada beberapa orang TKA yang belum memutasi KITAS ke Imigrasi Muara Enim, mereka berasal dari Provinsi Bengkulu dan Bekasi, terhambat karena masalah Covid-19. Nanti yang bersangkutan kalau kantor sudah mulai kembali untuk pelayanan publik, kita arahkan untuk segera meng Upgrade KITAS ke Kantor Imigrasi Klas ll Non TPI, ” tandas Made.

Terpisah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim, Hj Herawati SH saat dikonfirmasi membenarkan adanya sidak yang dilakukan Tim Pora Imigrasi Muara Enim bersama instansi lainnya, termasuk Disnaker, Kodim 0404 dan Polres Muara Enim.

“Ya benar kita bersama Timpora Imigrasi Muara Enim, Dinas Kesehatan, Kodim 0404, Polres Muara Enim melakukan Sidak ke PLTU Sumsel 1 sesuai Tupoksi masing-masing Dinas terkait,” tukasnya.

Laporan : Deka III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here