Terkait Pjs Kades dan Aset Desa, Warga Sukajadi Protes

0
182

Sumateranews.co.id, LAHAT- Bertempat di ruang Aula Kantor Camat Pseksu, Rabu (14/3) telah diadakan pertemuan antara masyarakat Desa Sukajadi terkait protes pelantikan Pjs Kades Sukajadi yang dinilai tidak sesuai dengan aturan dan perundang- undangan serta permasalahan aset desa yang belum ada kejelasan.

Mukroni perwakilan masyarakat mengatakan bahwa mereka tidak setuju ada pjs kades dari kecamatan lain sedangkan di Desa Sukajadi ada orang yang layak dijadikan kades. ‘’Begitu juga sampai saat ini, aset Desa Sukajadi tidak ada kejelasan dan tidak ada laporan,’’ tegasnya.

Herlansyah SE Camat Pseksu mengatakan sesuai undang-undang No 6 tahun 2014 dikatakan bahwa untuk dapat menjadi pejabat sementara sebagai PJS itu adalah PNS yang bertugas di kabupaten tersebut bukan PNS di kecamatan tersebut. ‘’Dan kami dari pihak kecamatan tidak mengetahui apakah ada penjabat sementara  yang disampaikan oleh masyarakat. Juga
untuk jabatan penjabat ini tidak selama lima tahun akan tetapi hanya selama satu tahun menjabat,’’ ujar Camat.

Sedangkan Nasir selaku Kasi Pemerintahan menambahkan terkait masalah aset desa bupati telah meminta seluruh aset desa untuk segera dikumpulkan. ‘’Memang  sampai saat ini soal aset memang belum kita kumpulkan dan akan segera disampaikan,’’ cetus Nasir.

Hendri  Kapolsek Pseksu menyampaikan untuk permasalahan dana desa maupun aset desa apabila ini terjadi penyelewengan, ini melanggar hukum. ‘’Masyarakat berhak melaporkan, dan kami dari pihak hukum akan memprosesnya sesuai hukum yang berlaku di NKRI,’’ tegas Kapolsek.

Laporan           : Novita

Editor/Posting : Imam Ghazali