Terkait Pengeras Suara Mesjid, Kemenag Linggau Nilai Tidak Ada Masalah

0
208
foto net

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Kini telah beredar surat dari Kementerian RI melalui Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam dengan Nomor B.3940/DJ III/HK 007/08/2018 tentang Pelaksanaan Instruksi dari Dirjen Binmas Islam Nomor Kep/D/101/1978 tentang tuntunan penggunaan pengeras suara di masjid, mushala, dan langgar.

Terkait permasalahan tersebut, Plh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau Sugiono menilai, kalau tidak saling mengganggu sesama umat untuk beribadah, maka hal itu tidak masalah.

“Kalau tidak saling mengganggu tidak ada masalah. Sebab suara Adzan itu mengajak kita untuk melaksanakan sholat,’’ tegas Kemenag Linggau, Kamis (30/8).

Kalau dikatakan katagori mengganggu misalnya mengganggu di tempat ibadah orang lain seperti mencampuri. ‘’Sedangkan kita tidak ada mencampuri tempat ibadah orang lain. Ibadah orang Islam di masjid dan Kristen di Gereja,’’ cetusnya.

Sedangkan untuk masalah toleransi umat beragama di Kota Lubuklinggau sampai saat ini sangat baik. ‘’Apalagi kita dinaungi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan tidak ada problem apapun serta saling hormat dan menghormati,” pungkas Sugiono.

Laporan           : Shandy April
Editor/Posting : Imam Ghazali