Terkait Limbah Tambang, Diduga Cemari Sungai

123

Sumateranews.co.id, BANGKA- Limbah Tambang Timah Darat jenis TN di kolong Kapal (Air Bulur) Lingkungan Sinarjaya Sungailiat diduga mencemari aliran Das.

Tampak terlihat, pembuangan limbah tambang tersebut mengalir di sepanjang ruas Aliran Das Sinarjaya.

Ahen, selaku Penanggung Jawab Operasi (PJO) tambang mengungkapkan bahwa sebelum tambang beroperasi, aliran Das ini juga sudah berkondisi Keruh.

“Karena sebelum beroperasi tambang, kami sudah lakukan kontrol terlebih dahulu,” ungkapnya saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di lokasi tambang, Sabtu (27/7/2019).

Ia katakan, pihaknya sudah berkonfirmasi dengan tetangga pemilik tempat tambang yakni SC.

“Kepada SC, kira-kira nanti kemana limbah tambang dibuang. Kemudian SC bilang, buang disitu saja (Das). SC juga bilang tidak apa-apa, lagian aliran Das ini juga sudah keruh,” aku Ahen.

Ia menjelaskan, terkait limbah tambang yang mencemari Das, pihaknya akan bertanggung jawab.

“Kami akan melakukan pembenahan seperti membuat tanggul-tanggul ataupun pok-pok untuk pengendapan limbah tambang. Supaya limbah tambang tidak keluar dan tidak lagi dikomplin masyarakat nantinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ditambahkan bahwa pembenahan limbah tambang tersebut akan dilakukan secepatnya.

Sementara itu, Amuk selaku teman Ahen mengatakan, setiap sore hari banyak warga yang datang di pertambangan ini untuk ngelimbang.

“Selain ngelimbang, ada juga yang meminta biji timah bahkan sampai naik di atas Sakan tambang. Kemungkinan komplinan Das itu adalah warga yang tidak terbagi atupun terbagi tetapi tidak rata,” ungkapnya.

Laporan          : Suyanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here