Terkait Laporan APL, Kajati Bakal Bentuk Tim

0
230

Sumateranews.co.id, LAHAT- Guna menindaklanjuti aksi demo damai tanggal 10 Agustus lalu di Kajati Sumsel, maka perwakilan Aliansi Peduli Lahat (APL) pun kembali mendatangi Kajati. Selain untuk menanyakan sejauh mana proses penanganan atas laporan yang disampaikan, juga untuk menambah beberapa lembaran berkas dugaan proyek aspirasi dewan Lahat tahun 2017 atas proyek PL di instansi jajaran Pemkab Lahat yang diduga mencapai ratusan milyar lebih.

Selain itu, APL juga menyampaikan tembusan laporan ke Polda Sumsel yang diterima oleh staf Bidang Kriminal Reserse Polda dan Kantor Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Selasa (22/8). Hal itu dilakukan masalah dugaan KKN di tubuh dewan Lahat yang berkolaborasi dengan instansi terkait dapat segera diproses dan disidangkan. Hal itu mengingat sulitnya melakukan pelacakan akibat adanya dugaan pihak eksekutif yang menutupi masalah tersebut pada APL.

Saryono Anwar Sos didampingi Tubagus Sukli dan Icun, Kamis (24/8) mengatakan alhamdulilah di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, dia dan rekan APL yang lain langsung diterima oleh Kasi Pidsus Hendra Bangsawan SH. ‘’Menurut Pak Hendra, laporan dari APL tanggal 10/8 lalu telah di meja Kepala kejaksaan dan sudah ditandatangani. Nanti akan dibentuk Tim, baik dari Kajati Sumsel maupun dari Kajari Lahat. Kami tinggal menunggu perintah dan petunjuk dari pimpinan untuk pelaksanaan pemeriksaan di lapangan. Itulah jawaban dari Pak Hendra,’’ ujar Saryono.

Sedangkan anggota APL lainnya Mirhoni MH menambahkan bahwa APL siap mengawal dan membantu Tim Kajati Sumsel untuk investigasi ke lapangan terkait adanya dugaan Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme yang dilakukan para anggota Dewan Lahat yang dibalut dalam proyek PL paket aspirasi dewan. ‘’Salah satu dugaan KKN terjadi pada proyek di Yayasan SD Bina Insani. Tapi biarkanlah nanti Tim Kajati dan Kajari yang melakukan penyelidikan lebih lanjut,’’ tandas Mirhoni.

Laporan : Idham

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre