Terkait Iklan Spanduk dan Baliho Bergambar Calon Petahana, Bawaslu Bakal Surati KPU Prabumulih

0
680

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Keberadaan spanduk dan baliho iklan layanan masyarakat milik Pemerintah kota Prabumulih yang menampilkan gambar dan foto calon petahana di sejumlah titik jalan protocol wilayah kota Prabumulih, belakangan ini mulai disoroti oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan. Bahkan dalam dalam waktu dekat ini pihak Bawaslu Sumsel bakal memanggil dan menyurati pihak KPU kota Prabumulih.

“Nah ini lah persoalannya. Dalam ketentuannya baik apapun bentuknya seperti reklame ataupun videotron yang berisi tulisan dan gambar calon incumbent itu harus dicopot. Jika sekarang masih ada segera laporkan ke Panwaslu setempat,” jelas Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel, Junaidi SE Msi kepada awak media, baru-baru ini.

Dijelaskan Junaidi, pihaknya juga akan melayangkan surat kepada KPU kota Prabumulih dan Pemerintah kota Prabumulih, agar spanduk dan baliho yang masih menampilkan gambar pasangan calon petahana, yang saat ini kembali mencalonkan diri pada Pemilihan kepada daerah (Pilkada) periode 2018-2023 supaya ditindaklanjuti dan segera dicopot.

Meski diakuinya, tidak ada sanksi tegas masalah tersebut, namun keberadaan spanduk dan baliho gambar calon petahana di tengah pelaksanaan Pilkada merupakan pelanggaran sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Kalau soal baleho atau spanduk itu adalah larangan tapi tidak ada sanksinya, kalau memang masih ada yang terpasang ya harus segera dicopotlah. Sudah jelas itu, meski sanksinya tidak ada,” tandasnya.

Disinggung apakah itu suatu kelalaian pihak Panwaslu Prabumulih, sehingga belum dicopot. Ketua Bawaslu Sumsel inipun mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu ke Panwaslu, Satpol PP ataupun mengumumkannya kepada masyarakat.

“Pokoknya kita akan bekerja secara maksimal, cuma sekarang ini masih ada beberapa titik memang yang belum tersentuh oleh pihak kita. Makanya kita butuh pro aktif dan bantuan permasalahan ini untuk disampaikan ke kita, apalagi pada masa Pilkada sekarang ini, biar kita tau dan bisa segera kita tindaklanjuti,” tandasnya.

Pantauan sumateranews.co.id, sejumlah spanduk dan baliho berisi iklan layanan masyarakat dari paslon incumbent milik Pemkot masih terlihat di sejumlah titik terutama di kawasan Pasar Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Pasar 2 Kecamatan Prabumulih Utara.

“Ya memang masih banyak terlihat spanduk dan baliho iklan milik Pemkot, yang masih ado gambarnyo pasangan calon incumbent, khususnya di Jalan Sudirman. Kalu itu jelas pelanggaran ya tolong dilepaslah, jangan dibiarkan karena masa Pilkada ini,” pinta Desi Busnadi (DB) Rambang SH, warga Dusun Prabumulih, ketika dibincangi awak media, Kamis (12/04/2018) pagi.

Dirinya pun mendesak pihak terkait, agar segera menertibkan dan mencopot spanduk dan baliho tersebut. Dia menilai masih beredarnya spanduk dan baliho itu sebagai bentuk lemahnya pengawasan dari pihak KPU dan Panwaslu Prabumulih.
“Kita ingin Pilkada di Prabumulih ini berjalan dengan fair, jujur, sehat dalam bersaing,” tegasnya.

Laporan : Taufik

Editor     : Donny