Terkait Aturan Pengeras Suara Masjid, Kakanmenag Lahat Minta Umat Bijaksana

0
439

Sumateranews.co.id, LAHAT– Terkait beredarnya aturan pengeras suara Masjid yang beredar kembali viral di Medsos dari Bimas Departemen Agama RI, Kakanmenag Lahat Drs Rusidi Dja’far minta agar umat bijaksana menyikapinya.

“Saya kira, itu aturan dan norma berbangsa dan negara. Untuk Lahat sendiri sejauh ini tidak ada gejolak misalnya pada bulan suci Ramadhan. Kita bukan nggak boleh ngaji dengan memutar kaset pukul 04.00 dini hari, akan tetapi putar kaset atau mengaji cobalah sepuluh menit sebelum Subuh. Supaya jangan sampai terganggu misalnya bayi atau warga yang sedang sakit gigi,’’ ujar Kakanmenag Lahat Drs Rusidi Dja’far, Senin (27/8) siang.

Adzan wajib untuk mengingatkan orang sekeliling untuk shalat. ‘’Bahkan kita juga harus bijak, ada orang yang adzan demi mengingatkan waktu sholat. Mererka mengumandangkan adzan atas keikhlasan dan tanpa pamrih. Untuk itu kaum non-muslim pun harus toleransi,’’ cetus Rusdii.

Saat ini, Kakanmenag Lahat masih menunggu instruksi dari pusat untuk menyosialisasikan aturan pengeras itu. ‘’Sosialisasi amat perlu demi kejelasan informasi dan tetap menjaga suasana yang kondusif,’’ tandas Rusidi.

Laporan : Novita
Edito/Posting : Imam Ghazali